Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu / Indriyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu / Indriyawati

Indriyawati (2008) Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu / Indriyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indriyawati. 2008. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu . Skripsi program studi Pendidikan Ekonomi Jurussan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S. Sos M.Si. (II) Drs. A. Ali Wafa. Kata Kunci Motivasi Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar. Kualitas suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaharuan sistem pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Berbagai usaha telah dilakukan demi pembaharuan sistem pendidikan nasional. Tujuannya agar sistem pendidikan itu lebih terarah dan relevan dengan perkembangan zaman. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaharui proses pembelajaran. Salah satu usaha memperbaharui proses pembelajaran terutama yang ditujukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran dengan menumbuhkan motivasi dalam diri siswa dan menumbuhkan kebiasaan belajar yang baik teratur dan berkesinambungan. Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang kuat ia akan senang melakukan kegiatan belajar dan mempunyai kebiasaan belajar yang baik. Kebiasaan belajar yang dilakukan dalam belajar rutin terjadwal dan didukung adanya dorongan baik dari guru orang tua dan masyarakat akan mencapai hasil prestasi yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu yang terdiri dari 120 siswa dengan sampel 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Bersifat deskriptif karena bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang motivasi kebiasaan belajar dan prestasi siswa. Bersifat korelasional karena penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh dan jika ada pengaruh seberapa besar pengaruh variabel bebas motivasi (X1) dan kebiasaan belajar (X2) terhadap variabel terikat prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain dengan metode angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini diketahui (1) Motivasi belajar yang dimiliki siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu adalah sangat baik dengan prosentase 56 67 % atau 17 responden (2) Kebiasaan belajar yang dimiliki siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu adalah baik dengan jumlah prosentase 50.00 % atau 15 responden (3) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar yang meliputi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Batu. (4) Ada pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar yang meliputi kebiasaan mandiri Kebiasaan membaca buku dan Kebiasaan menghadapi ujian terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Batu. Sedangkan kebiasaan belajar yang meliputi kebiasaan mengikuti pelajaran dan Kebiasaan belajar kelompok tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Batu. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar (intrinsik dan ekstrinsik) dan kebiasaan belajar (kebiasaan belajar mengikuti pelajaran kebiasaan belajar mandiri kebiasaan belajar kelompok kebiasaan membaca buku dan kebiasaan menghadapi ujian) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Batu Dengan tingkat prestasi belajar yang baik maka diharapkan pihak sekolah untuk terus mengembangkan motivasi belajar siswa agar prestasi siswa lebih baik lagi. Disamping itu pihak sekolah juga harus terus memperhatikan kebiasaan belajar siswa agar siswa sadar akan pentingnya belajar dengan cara membiasakan cara belajar yang baik akan dapat mempermudah proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Dec 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38602

Actions (login required)

View Item View Item