Analisis jabatan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri 10 Malang / Ratih Puspitaning Dyah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis jabatan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri 10 Malang / Ratih Puspitaning Dyah Sari

Sari, Ratih Puspitaning Dyah (2017) Analisis jabatan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri 10 Malang / Ratih Puspitaning Dyah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari R. P. N. 2017. Analisis Jabatan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Pembimbing (I) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.A.P (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd. Kata kunci analisis jabatan tenaga administrasi sekolah Analisis jabatan berguna untuk menempatkan seseorang pada tempat pekerjaan yang tepat. Secara garis besar ada beberapa hal yang dihasilkan dari kegiatan analisis jabatan yaitu deskripsi jabatan (job description) dan spesifikasi jabatan (job specification). Tenaga Administrasi Sekolah disetiap sekolah memiliki tugas dan standar masing-masing sesuai dengan jabatan yang dimiliki. Tenaga Administrasi Sekolah berarti memiliki standar dalam melaksanakan tugasnya tugas tenaga administrasi sekolah adalah membantu pengembangan kualitas sekolah seperti pengelolaan pengembangan pengawasan dan pelayanan teknis guna terselenggaranya proses pendidikan yang efektif dan efisien di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan dan struktur karir tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 10 Malang mendeskripsikan implementasi tugas tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 10 Malang mendeskripsikan penilaian dan pengembangan karir tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 10 Malang yang beralamatkan di Jl. Danau Grati No.1 Sawojajar Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur 65139. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Tahap pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan penelitian diskusi dengan teman sejawat dan memanfaatkan bantuan dan saran dosen pembimbing. Hasil penelitian telah ditemukan bahwa (1) Analisis jabatan yang ada dalam tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 10 Malang sudah sesuai dengan standar permendiknas yang ada dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Pasal 1 No. 33 Tahun 2011 Tentang Pedoman Analisis Jabatan (2) Kebijakan yang diberikan sekolah kepada tenaga administrasi sekolah dimulai memberikan pembinaan secara berkala yang dipimpin langsung oleh kepala tenaga administrasi sekolah diberikan kebijakan yang lain seperti diberi kesempatan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi atau diikutkan workshop yang sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya selama di sekolah atau bisa juga diberikan kebijakan seperti kenaikan gaji (3) Implementasi tugas tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 10 Malang sudah mengikuti tugas pokok yang sudah ada dan sudah dijalankan sesuai dengan kemampuan masing-masing tenaga administrasi sekolah (4) Penilaian sasaran kerja pegawai berisi 16 poin yang terdiri dari menyusun program kerja tata usaha mengkoordinir dan mengatur pelaksana ketatausahaan mengendalikan dan mengatur kearsipan mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan administrasi kepegawaian mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan pembayaran gaji guru dan karyawan mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan administrasi kesiswaan melaksanan kegiatan kehumasan mengkoordinir dan melaksanakan urusan rumah tangga mengkoordinir dan melaksanakan pemeliharaan barang inventaris sekolah mengatur dan melaksanakan kegiatan administrasi inventaris sekolah menyusun dan melaksanakan RKAS menyusun dan melaksanakan rencana kegiatan sekolah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan PPDB mengkoordinir pelaksanaan pencatatan pendistribusian dan pengarsipan surat masuk mengkoordinir pelaksanaan pencatatan dan pengarsipan surat keluar (5) Penilaian untuk pegawai tidak tetap menggunakan jurnal dan diisi setiap hari berisikan tugas pokok dan tugas lain-lain. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagi Kepala Sekolah seyogyanya mendukung kepala tenaga administrasi sekolah untuk memberikan kesempatan bagi staf dalam pengembangan karirnya (2) Bagi Kepala Tenaga sebaiknya bisa mendistribusikan tugas dengan baik kepada staf yang menjalankan tugasnya di kampus 1 dan kampus 2 (3) Bagi Staf Tenaga Administrasi Sekolah SMAN 10 Malang sebaiknya staf tenaga administrasi bisa lebih mengasah setiap tugas yang diberikan. Agar tenaga administrasi sekolah di SMAN 10 Malang berjalan dengan efektif dan efisien (4) Bagi Peneliti Lain sebaiknya melakukan penelitian yang berhubungan dengan pengembangan karir atau kebijakan yang diberikan sekolah terutama di jurusan administrasi pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3860

Actions (login required)

View Item View Item