Pengaruh faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kalianget / Sri Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kalianget / Sri Agustin

Agustin, Sri (2010) Pengaruh faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kalianget / Sri Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Sri. 2008. Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kalianget. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P. Ak. (2) Dr. Hadi Sumarsono ST M.si. Kata Kunci Lingkungan Keluarga Lingkungan Sekolah Lingkungan Masyarakat Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Melalui pendidikan diharapkan siswa memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap yang sangat diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Pendidikan memiliki peran penting dalam mencerdaskan bangsa. Proses belajar tidak selalu berhasil hasil yang dicapai antara siswa yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan. berhasil tidaknya proses belajar mengajar tergantung dari faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya tapi digolongkan menjadi dua golongan yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Guru ekonomi harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi siswa dalam pelajaran ekonomi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor eksternal. Faktor internal sangat mempengaruhi belajar siswa namun faktor internal dipengaruhi oleh faktor eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang kondisi dan pengaruh faktor eksternal (lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat) secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kalianget. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis deskriptif korelasional dengan teknik regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 129 siswa kelas XI IPS 1 2 dan 3 SMAN 1 Kalianget tahun ajaran 2007/2008. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan perhitungan Slavin sebanyak 57 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Kemudian sampel penelitian ditentukan secara proporsional yaitu 19 siswa dari masing-masing kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor eksternal dan prestasi belajar ekonomi siswa tergolong baik dan dari analisis regresi diketahui (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor lingkungan mayarakat terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget. Faktor lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat (faktor eksternal) mempunyai pengaruh secara simultan dan parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget. Prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel bebas (faktor eksternal) sebesar 58 3 % sedangkan sisanya 41 7 % disebabkan oleh variabel lain. Dari hasil penelitian diketahui bahwa lingkungan keluarga merupakan variabel yang paling efektif dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang simultan dan parsial yang positif signifikan faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget. Saran yang bisa diberikan (1) Orang tua sebaiknya lebih meningkatkan perhatian kepada siswa dengan menanyakan kesulitan anak dan lebih meluangkan waktu untuk membantu dan menemani anak dalam belajar serta memberikan solusi ketika anak mengalami kesulitan belajar.(2) Pada aspek media pembelajaran dan tugas rumah perlu di perbaiki lagi dengan lebih menambah kelengkapan fasilitas dan media pengajaran serta buku-buku penunjang mata pelajaran ekonomi yang relevan karena tidak semua siswa mampu membeli sendiri mengingat sebagian besar perekonomian siswa menengah ke bawah. Selain itu seharusnya guru lebih sering memberikan tugas atau latihan-latihan dan sering membahas tugas yang diberikan sehingga anak lebih terlatih dan giat dalam belajar. (3) Penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan masyarakat sudah cukup baik namun merupakan faktor yang paling lemah dari faktor lain. Maka kerjasama keluarga dan masyarakat diperlukan untuk menjaga pergaulan anak khususnya teman bergaul. Teman bergaul seharusnya bisa diajak belajar bersama dan memberikan bantuan atau solusi ketika siswa mengalami kesulitan belajar. (4) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan penelitian sampel dengan wilayah populasi yang lebih luas dan mengembangkan permasalahan yang terkait dengan prestasi belajar siswa. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38598

Actions (login required)

View Item View Item