Analisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus kelas S SMA Negeri 4 Malang semester genap tahun ajaran 2007/2008) / Eko Gunawan Sulaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus kelas S SMA Negeri 4 Malang semester genap tahun ajaran 2007/2008) / Eko Gunawan Sulaksono

Sulaksono, Eko Gunawan (2010) Analisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus kelas S SMA Negeri 4 Malang semester genap tahun ajaran 2007/2008) / Eko Gunawan Sulaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulaksono Eko Gunawan. 2008. Analisis Faktor Internal dan Eksternal Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Kelas X SMA Negeri 4 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi ME dan Pembimbing (II) Drs. Sapir S.Sos M.Si. Kata Kunci Faktor Internal Faktor Eksternal Prestasi Belajar Ekonomi. Setiap siswa memiliki keterbatasan tertentu yang berbeda dengan siswa yang lain. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh pengaruh situasi dan kondisi yang bersifat internal maupun eksternal yang berasal dari siswa. Faktor internal merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri siswa. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang bersumber dari luar diri siswa. Siswa SMA kelas X sudah menginjak masa remaja yang penuh dengan problema dan permasalahan yang dapat mengganggu belajarnya. Faktor internal dan faktor eksternal harus saling mendukung untuk menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh antara faktor internal terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. (2) untuk mengetahui pengaruh antara faktor eksternal terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. (3) untuk mengetahui pengaruh antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Alat pengumpul data penelitian ini adalah angket dan dokumentasi nilai ulangan harian. Sampel yang digunakan adalah 36 responden yang diperoleh dari enam kelas X. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh secara simultan antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi ditunjukkan dengan F hitung 39 722 dan Ftabel 3 285. Nilai Fhitung ( 39 722) Ftabel (3 285) dan tingkat sig.(0 000) (0 05). Koefisien determinasi yang telah disesuaikan (adjusted R square) yaitu sebesar 0 689 artinya angka ini menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan variabel faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 68 9% sedangkan sisanya yaitu 31 1% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang mempunyai pengaruh yang signifikan dengan prestasi belajar ekonomi baik itu secara parsial maupun simultan dengan faktor internal yang paling besar pengaruhnya adalah faktor psikologis dan faktor eksternal yang paling besar pengaruhnya adalah faktor sekolah. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan meneliti faktor lain mengingat faktor yang mempengaruhi belajar sangat banyak seperti intelegensi sikap konsentrasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38596

Actions (login required)

View Item View Item