Variasi motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 1 Ponggok Blitar / Dian Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Variasi motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 1 Ponggok Blitar / Dian Wijayanti

Wijayanti, Dian (2010) Variasi motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 1 Ponggok Blitar / Dian Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Dian. 2007. Variasi Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMPN 1 Ponggok-Blitar. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Drs. H.A. Ali Wafa. Kata kunci motivasi belajar prestasi siswa Indonesia sebagai negara berkembang saat ini sedang giat-giatnya melakukan pembangunan di berbagai bidang salah satunya adalah pembangunan sumber daya (SDM). Namun membaiknya tingkat pendidikan penduduk masih belum mampu menjawab berbagai kebutuhan pembangunan seperti dalam penyediaan tenaga kerja yang berkualitas. Keadaan tersebut merangsang kita terutama para pendidik dan calon pendidik untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu lulusan sekolah. Salah satu cara untuk meningkatkan lulusan dalam hal ini siswa adalah dengan meningkatkan prestasi belajarnya. Faktor yang paling menentukan proses belajar siswa adalah motivasi. Tanpa motivasi maka suatu perbuatan tidak akan dilakukan. Karena itu aktivitas belajar seorang siswa tidak bisa dipisahkan dengan motivasi belajar siswa itu sendiri.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi intrinsik motivasi belajar ekstrinsik dan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Ponggok Blitar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Analisis statistik deskriptif menunjukkan hasil sebagai berikut. (a) motivasi intrinsik siswa tinggi yang terbukti dari 6 siswa (14 3%) memiliki motivasi intrinsik sangat tinggi 28 siswa (66 7%) memiliki motivasi intrinsik tinggi 8 siswa (19 0%) memiliki motivasi intrinsik sedang. (b) Motivasi ekstrinsik siswa juga tinggi yang terbukti dari 13 siswa (31 0%) memiliki motivasi ekstrinsik sangat tinggi 20 (47 6%) siswa memiliki motivasi ekstrinsik tinggi 9 siswa (21 4%) memiliki motivasi sedang. (c) Prestasi belajar siswa baik yang terbukti dari 4 siswa (9 5%) memiliki prestasi belajar sangat baik 24 siswa (57 1%) memiliki prestasi belajar baik 11 (26 2%) siswa memiliki prestasi belajar cukup 3 siswa (7 1%) memiliki prestasi belajar kurang. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran kepada (a) Sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara memberikan hadiah berupa beasiswa kepada siswa yang berprestasi sehingga siswa terdorong untuk lebih giat belajar (b) Guru memberikan perhatian kepada siswa agar lebih termotivasi untuk belajar (c) Siswa untuk meningkatkan kegiatan belajar secara kelompok maupun perorangan untuk mencapai prestasi yang optimal (d) Orang tua siswa agar lebih memperhatikan prestasi belajar anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38595

Actions (login required)

View Item View Item