Penerapan metode inkuiri pada pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Lab UM Malang / Farsan Adi Masco - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri pada pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Lab UM Malang / Farsan Adi Masco

Masco, Farsan Adi (2010) Penerapan metode inkuiri pada pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Lab UM Malang / Farsan Adi Masco. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masco Farsan Adi. 2008. Penerapan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 SMA LAB UM Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Drs. M. Ichsan SE M.Pd M.Si. Kata Kunci Metode Inkuiri Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Siswa Perkembangan jaman menuntut manusia untuk membekali diri dengan ilmu dan keterampilan. Pendidikan merupakan sarana yang tepat untuk hal tersebut. Dunia pendidikan telah banyak melakukan perbaikan. Salah satunya adalah menciptakan banyak metode pembelajaran di sekolah salah satunya adalah metode inkuiri. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada siswa. Dalam metode inkuiri siswa dianggap telah mempunyai bekal ilmu pengetahuan sehingga peran siswa sendiri yang lebih dominan untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya. Menemukan merupakan bagian inti dari metode pembelajaran inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil penerapan pembelajaran dengan metode inkuiri pada siswa kelas X-2 SMA LAB UM Malang untuk mengetahui apakah metode pembelajaran inkuiri mampu meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-2 SMA LAB UM Malang dan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran inkuiri meningkatan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA LAB UM Malang. Jenis pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yang disajikan secara deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan sistem observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA LAB UM Malang dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa diantaranya 19 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan di SMA LAB UM Malang dengan alamat jalan Bromo no 16 Malang pada tanggal 21 februari-13 maret 2008. Analisis data untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan analisis statistik deskriptif serta untuk mengetahui hasil belajar siswa mengunakan rata-rata hasil tes tiap akhir siklus dan hasil kerja kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa selama pemberian tindakan. pada siklus I rata-rata kemampuan berpikir kristis siswa paling tinggi yaitu 58.25% dan kemampuan berpikir kritis paling rendah yaitu 42.5%. Sedangkan pada siklus II terjadi perubahan positif persentase kemampuan berpikiri kritis siswa yaitu rata-rata kemampuan berpikir kritis paling tinggi adalah 60.75% dan kemampuan berpikir kritis siswa paling rendah adalah 47.5%. Untuk siklus I siswa yang tuntas belajarnya berjumlah 12 siswa Itu menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa di kelas X-2 pada siklus I belum tercapai dan ketuntasan belajar siswa di kelas X-2 hanya mencapai 41.37 %. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 25 siswa dan ketuntasan belajar siswa di kelas X-2 pada siklus II mencapai 86.2 % itu menunjukkan bahwa terjadi kenaikan persentase pencapaian hasil belajar siswa antara siklus I ke siklus II. Jadi bisa disimpulkan bahwa pada siklus II ketuntasan belajar kelas X-2 telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMA LAB UM Malang. Disarankan kepada pembaca agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penelitian tindakan kelas dengan metode inkuiri pada subyek penelitian/sekolah yang berbeda karena metode ini masih jarang diterapkan di sekolah/ tempat bimbingan belajar lainnya. Untuk para guru hendaknya menggunakan metode inkuiri sebagai metode alternatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38593

Actions (login required)

View Item View Item