Santi, Widara Krisna (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan questioning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 9 Malang / Widara Krisna Santi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual dengan metode Questioning.Kemampuan berfikir Kritis Hasil Belajar Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu program pembelajaran. Berdasarkan pengamatan pada saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 9 Malang pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode konvensional hal ini disebabkan oleh siswa yang tidak bisa mandiri. Metode pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan siswa merasa bosan belajar. Selain itu tingkat pengetahuan yang dimiliki perserta didik masih diperlukan pengawasan yang cukup dari guru. Dengan metode ceramah kebanyakan siswa tidak dapat berkembang dan kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran serta pengetahuan yang diterima siswa kurang meluas.Kendala yang ada apabila menggunakan metode kontekstual maka keadaan kelas ramai dan hanya siswa tertentu yang dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian tentang pembelajaran kontekstual model Questioning agar siswa lebih aktif untuk berpatisipasi dalam mata pelajaran ekonomi. Dari latarbelakang diatas maka muncullah masalah-masalah yang dirumuskan sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan pembelajaran mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan pendekatan kontekstual model Questioning di SMAN 9 Malang. (2) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Questioning di SMAN 9 Malang. (3) Apakah penerapan pembelajaran konstekstual dengan pendekatan questioning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 9 Malang. (4) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan questioning dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran ekonomi di SMAN 9 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan pembelajaran mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Questiuoning di SMAN 9 Malang. (2) Mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Questioning di SMAN 9 Malang. (3) Mengetahui apakah penerapan pembelajaran konstekstual dengan pendekatan Questioning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 9 Malang. (4) Mengetahui apakah penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan questioning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 9 Malang. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa pada siklus I mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan siklus II yaitu dari 53 08% pada siklus I menjadi 76 67% pada siklus II. Begitu juga pada rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus II yaitu jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 73% meningkat menjadi 92% pada siklus II Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kontekstual dengan metode Questioning sesuai untuk diterapkan pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 9 Malang pokok bahasan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan. Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode Questioning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X.2 SMA Negeri 9 Malang. Indikator peningkatan ini ditunjukkan oleh persentase seluruh aspek kemampuan berfikir kritis yang diamati dari siklus I dan siklus II. Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode Questioning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 SMA Negeri 9 Malang. Berdasakan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah Guru mata pelajaran ekonomi SMAN 9 Malang disarankan untuk mencoba menerapkan metode pembelajaran kontekstual dengan model Questioning dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan metode pembelajaran kontekstual dengan dengan model Questioning.Guru mata pelajaran ekonomi SMAN 9 Malang disarankan untuk sering memberikan tugas sehingga dapat meningkatkan kerajinan dan kedisiplinan siswa dalam menyelesaikan tugas.Guru mata pelajaran ekonomi SMAN 9 Malang diharapkan waktu siswa kerja kelompok berkeliling ke setiap kelompok untuk memberikan pengarahan dan motivasi agar siswa lebih focus dalam diskusi kelompok dan tidak bergurau sendiri. Dalam menerapkan metode pembelajaran metode pembelajaran kontekstual dengan model Questioning guru perlu mengatur waktu mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien. Bagi peneliti selanjutnya untuk mengetahui jauh tentang penerapan metode questiong dalam pembelajaran ekonomi mengingat adanya keterbatasan dalam penelitian ini yakni mengenai jumlah siklus pokok bahasan dan bentuk penilaian maka perlu diadakan lebih dari 2 siklus dan penelitian pada pokok bahasan ekonomi yang lain dan menggunakan bentuk penilaian yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |