Pengaruh tingkat pemanfaatan teknologi informasi (TI) dan perilaku sosial terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMAN 5 Malang / Ditha Marina Mirastuty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat pemanfaatan teknologi informasi (TI) dan perilaku sosial terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMAN 5 Malang / Ditha Marina Mirastuty

Mirastuty, Ditha Marina (2009) Pengaruh tingkat pemanfaatan teknologi informasi (TI) dan perilaku sosial terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMAN 5 Malang / Ditha Marina Mirastuty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal penting yang turut me-nentukan nasib sebuah bangsa. Dengan kualitas pendidikan yang baik maka akan terbentuk generasi bangsa yang cerdas dan berkompeten di bidangnya. Bidang pendidikan selalu berusaha untuk melakukan perbaikan dan pengembangan sarana maupun prasarana sekolah demi terselenggaranya proses pembelajaran yang nyaman efektif serta efisien. Teknologi Informasi (TI) berperan penting sebagai sarana yang dapat dipakai untuk menyampaikan proses pembelajaran.Teknologi Informasi (TI) juga dapat menimbulkan masalah lain yakni perilaku sosial siswa . Pemanfataan fasilitas Teknologi Informasi (TI) yang maksimal dan terbentuknya perilaku sosial siswa yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat maka diharapkan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh tingkat pemanfaatan teknologi informasi (TI) terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMAN 5 Malang. (2) Mengetahui pengaruh perilaku sosial siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMAN 5 Malang. (3) Mengetahui pengaruh simultan antara tingkat pemanfaatan teknologi informasi (TI) dan perilaku sosial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Malang. Dan Pengambilan sampelnya menggunakan teknik propotional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan studi dokumenter. Data dianalisis dengan teknik prosentase korelasi dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 13.0 for windows. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat hubungan tingkat pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang dengan koefisien korelasi sebesar 0.576 atau 57.6%. Terdapat hubungan antara perilaku sosial dan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang dengan koefisien korelasi sebesar 0.567 atau 56.7%. Terdapat hubungan simultan antara pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dan perilaku sosial dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN 5 Malang dengan koefisien determinasi sebesar 0.529 atau 52.9%. Dengan tingkat prestasi belajar yang sangat tinggi maka diharapkan pihak sekolah untuk terus mengembangkan fasilitas Teknologi Informasi (TI) serta aktif memberikan bimbingan/pelatihan penggunaan Teknologi Informasi (TI) pada siswanya agar pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) berjalan dengan maksimal. Disamping itu pihak sekolah juga harus terus mengarahkan serta membentuk perilaku sosial siswa agar kelak siswanya dapat hidup berdampingan dengan masyarakat yang heterogen yang banyak mengusung norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat. Sehingga selain mempunyai bekal pengetahuan dalam teori siswa juga mempunyai kecakapan untuk hidup dalam kelompok masyarakat serta mampu melakukan kegiatan organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38585

Actions (login required)

View Item View Item