Keberhasilan koperasi sekolah (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Ubaid Al Faruq - Repositori Universitas Negeri Malang

Keberhasilan koperasi sekolah (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Ubaid Al Faruq

Al Faruq, Ubaid (2009) Keberhasilan koperasi sekolah (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Ubaid Al Faruq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan koperasi sekolah dalam kurikulum koperasi di Indonesia merupakan cara untuk memperkenalkan menanamkan jiwa dan semangat koperasi pada siswa melalui jalur pendidikan formal. Pendidikan koperasi di sekolah bertujuan untuk menciptakan kader-kader koperasi yang tanguh dan dapat memahami menghayati serta memperjuangkan perkoperasian di Indonesia. untuk itu pendidikan koperasi perlu ditanamkan sejak dini dari Taman kanak-kanak (TK) sampai dengan Perguruan Tinggi (PT) sesuai dengan jenjang pendidikan. Ketika suatu tujuan dapat dilaksanakan dengan baik melalui sebuah usaha keras dengan berbagai banyak faktor pendukung yang mempengaruhinya maka koperasi tersebut dapat dikatakan sudah mencapai sebuah keberhasilan dan keberhasilan itulah yang akan menjadi tolak ukur kepada koperasi-koperasi lainnya untuk terus berpacu agar dapat mencapai sebuah keberhasilan yang sama seperti koperasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui makna keberhasilan koperasi sekolah bagi tiap-tiap civitas sekolah (2) Mengetahui faktor-faktor pendorong keberhasilan koperasi sekolah MAN 3 Malang (3) Mengetahui faktor-faktor penghambat koperasi sekolah MAN 3 Malang. Subyek Penelitian ini adalah Koperasi Sekolah At-Taufiq MAN 3 Malang dengan sumber data yaitu Kepala sekolah manajer koperasi karyawan koperasi guru ekonomi guru umum dan siswa. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Koperasi sekolah yang berhasil adalah koperasi sekolah yang mampu melaksanakan tujuan dan fungsi koperasi sekolah yang sesuai dengan prinsip perkoperasian. Koperasi sekolah selain sebagai wahana pendidikan praktek lapangan teori berkoperasi bagi siswa juga digunakan sebagai latihan berwirausaha atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dalam mewujudkan kepentingan nasional. Faktor pendorong keberhasilan koperasi sekolah ada dalam diri sekolah masing-masing dan tidak dalam sebuah teori. Hambatan atau masalah keberhasilan koperasi sekolah ada dua yaitu dari dalam dan dari luar. Berdasar hasil penelitian ini disarankan Koperasi sekolah hendaklah benar-benar digunakan sebagai tempat pendidikan praktek lapangan berkoperasi dan berwirausaha bagi siswa bukan hanya sebagai usaha yang mencari keuntungan di dalamnya. Faktor pendorong keberhasilan koperasi sekolah berawal dari niatan yang ada dari dalam sekolah dan hendaklah ditamkan kepada seluruh civitas sekolah. Semua hambatan dalam melakukan proses keberhasilan hendaklah di berikan kebijaksanaan dan dirembukkan bersama dengan tetap berpedoman dengan UU perkoperasian tujuan dan fungsi koperasi yang ada di negara kita. Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan variabel yang berbeda. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan menelitian yang lebih mengarah pada perkembangan koperasi sekolah pada saat itu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38583

Actions (login required)

View Item View Item