Keefektifan penerapan pembelajaran koopertaif metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi / Syayul Masyiatul Musyayadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penerapan pembelajaran koopertaif metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi / Syayul Masyiatul Musyayadah

Musyayadah, Syayul Masyiatul (2010) Keefektifan penerapan pembelajaran koopertaif metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi / Syayul Masyiatul Musyayadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Musyayadah Syayul Masyiatul. 2008. Keefektifan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Bambang Pranowo SE M.Pd. Ak (2) Dr. Nasikh SE M.P M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Hasil Belajar Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya adalah misi pendidikan yang menjadi tanggungjawab profesional setiap guru. Selama ini pendekatan pembelajaran ekonomi yang diterapkan oleh guru masih sederhana dan menggunakan pendekatan konvensional guru lebih banyak ceramah dan siswa mendengarkan guru memberi dan siswa menerima. Metode pembelajaran yang selama ini diterapkan membuat siswa menjadi cenderung pasif dalam menerima materi (ilmu pengetahuan). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang dapat mengajak siswa satu dan siswa yang lainnya saling berinteraksi serta aktif dalam bertukar pengetahuan dalam kelompok untuk meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Numbered Heads Together (NHT). Numbered Heads Together (NHT) adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMPN 13 Malang yang diberi pengajaran dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) (2) Untuk menganalisis hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMPN 13 Malang yang diberi pengajaran dengan metode pembelajaran konvensional/ceramah (3) Untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dilihat dari segi perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi pengajaran dengan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang diberi pengajaran dengan metode konvensional/ceramah. Penelitian ini dilakukan di SMPN 13 Malang pada bulan April sampai bulan Mei 2008. penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan penelitian Nonrandomized Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 13 tahun ajaran 2007-2008 dengan jumlah 319 siswa yang terbagi ke dalam 8 kelas. Sampel diambil sebanyak dua kelas dari kelas VII dengan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel dengan purposive sampling didasarkan pada pertimbangan (1) Sebelum penelitian dilakukan kedua kelas dalam proses belajar masih menggunakan metode pembelajaran konvensional (2) Kedua kelas yang dipilih tersebut dibimbing oleh guru yang sama sehingga memudahkan peneliti dalam melanjutkan materi pelajaran ekonomi (3) Tidak ada kelas unggulan sehingga kedua kelas tersebut memiliki nilai rata-rata kelas yang sama. Dari pertimbangan-pertimbangan tersebut terpilih kelas VII-G sebagai kelompok kontrol dan kelas VII-H sebagai kelompok eksperimen. Kelas kontrol adalah kelas yang proses belajar mengajarnya menggunakan metode pembelajaran konvensional sedangkan kelompok eksperimen adalah kelas yang proses belajar mengajarnya menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Data penelitian ini diambil dari siswa kelas VII-G dan VII-H berupa hasil pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t (t-test). Sebelum data dianalisis terlebih dahulu diuji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Uji t digunakan untuk menguji beda dua rata-rata kemampuan awal (pre-test) dan beda dua rata-rata kemampuan akhir (post-test) serta hipotesis penelitian dari gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata kemampuan awal (dari pre-test) kelompok kontrol adalah sebesar 7 975 dan kelompok eksperimen sebesar 8 450 dari skor maksimum 20. berdasarkan uji t diperoleh nilai signifikansi 0 217 0 05 dan nilai thitung 1 246 ttabel 1 665 sehingga nilai kemampuan awal antara kedua kelompok sama secara signifikan (2) nilai rata-rata kemampuan akhir (post-test) kelompok kontrol adalah sebesar 16 025 dan kelompok eksperimen sebesar 18 075 dari skor maksimum 20. dari hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0 000 0 05 dan nilai thitung 5 878 ttabel 1 665 sehingga nilai kemampuan akhir antara kedua kelompok berbeda secara signifikan (3) nilai rata-rata gain score (selisih skor pre-test dan post-test) kelompok eksperimen sebesar 9 625 lebih tinggi dari pada rata-rata kelompok kontrol 8 050. berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0 002 0 05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelompok kontrol dengan siswa kelompok eksperimen yaitu hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan metode Numbered Heads Together (NHT) (kelompok eksperimen) lebih tinggi lebih baik serta lebih efektif dari pada hasil belajar kelompok yang diberi pengajaran dengan metode ceramah (kelompok kontrol) Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan (1) Bagi lembaga pendidikan dan institusi yang terkait disarankan untuk mensosialisasikan pembelajaran model Numbered Heads Together dalam pelatihan dan penataran pendidikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMPN 13 Malang pada khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran metode Numbered Heads Together (NHT) sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dan (3) Pada penelitian ini dalam mengukur hasil belajar siswa peneliti hanya mengukur ranah kognitif saja. Oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur ranah yang lain (afektif dan psikomotor).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38581

Actions (login required)

View Item View Item