Pengaruh lingkungan keluarga dan kondisi sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI tahun ajaran 2007/2008 di SMA Negeri 5 Malang / Bintari Marga Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan kondisi sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI tahun ajaran 2007/2008 di SMA Negeri 5 Malang / Bintari Marga Utami

Utami, Bintari Marga (2008) Pengaruh lingkungan keluarga dan kondisi sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI tahun ajaran 2007/2008 di SMA Negeri 5 Malang / Bintari Marga Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Marga Bintari. 2008. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kondisi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Tahun Ajaran 2007/2008 Di SMP Negeri 5 Malang. Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Pror. Dr. J. G. Nirbito M Pd (II) Dr.Nasikh SE. M.P. M.Pd Kata Kunci Lingkungan Keluarga Kondisi sekolah Prestasi Belajar Ekonomi Pendidikan merupakan usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi belajarnya. Hal ini merupakan hak setiap warga negara Republik Indonesia untuk memperoleh pendidikan yang disesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Prestasi belajar siswa pada dasarnya di pengaruhi oleh 2 faktor yakni lingkungan keluarga dan kondisi sekolah. Lingkungan keluarga merupakan pengaruh yang berasal dari keluarga siswa. Pengaruh lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar ekonomi siswa adalah kondisi sekolah siswa yang berasal dari lingkungan sekolah. Dilihat dari pengamatan sementara lingkungan keluarga siswa kurang mendukung dalam prestasi belajar siswa dikarenakan kesibukan kedua orang tua siswa yang cenderung lupa dengan perhatian yang harus diberikan kepada anaknya. Sedangkan lingkungan keluarga yang akan diteliti meliputi cara orang tua mendidik suasana rumah keadaan ekonomi keluarga dan perhatian orang tua. Diharapkan lingkungan keluarga dan kondisi sekolah harus saling mendukung agar dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa menjadi yang lebih maksimal. Penelitian bertujuan (1) untuk memberikan gambaran mengenai lingkungan keluarga kondisi sekolah prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan kondisi sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari lingkungan keluarga (X1) dan kondisi sekolah (X2). Sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar ekonomi (Y). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan lingkungan keluarga (X1) kondisi sekolah (X2) dan prestasi belajar ekonomi siswa (Y) dalam bentuk perhitungan presentase. Metode regresi linier berganda digunakan untuk menentukan besarnya pengaruh lingkungan keluarga(X1) dan kondisi sekolah (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) di SMA Negeri 5 Malang. Populasi yang berjumlah 108 siswa dan sampelnya 42 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportional random sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner skala yang digunakan skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Uji kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Jenis data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner sedangkan data sekunder berupa nilai raport siswa kelas XI IPS semester genap tahun ajaran 2007/2008. Hasil penelitian di SMA Negeri 5 Malang menunjukkan bahwa analisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai t hitung 9 019 dan t tabel 4 864. nilai t hitung (9 019) t tabel (4 864) dengan sig 0 000 0 05 maka lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Nilai t hitung 7.089 dan t tabel 4 864. nilai t hitung (7 089) t tabel (4 864) dengan sig 0 000 0 05 maka kondisi sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Analisis pengaruh lingkungan keluarga dan kondisi sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai F hitung 38 716 dan F tabel 4 780. Nilai F hitung (38 716) F tabel (4 780) dengan sig 0 000 0 05 maka lingkungan keluarga dan kondisi sekolah secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Besar R Square adalah 0 681 hal ini berarti prestasi belajar ekonomi (Y) dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga (X1) dan kondisi sekolah (X2) sebesar 68 1% sedangkan sisanya 31 9% disebabkan oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan keluarga siswa dan kondisi sekolah siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38580

Actions (login required)

View Item View Item