Yuliana, Ika (2017) Analisis faktor-faktor motivasional guru tetap yayasan di madrasah ibtidaiyah swasta di Kota Malang / Ika Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuliana Ika. 2017. Analisis Faktor-Faktor Motivasional GTY di Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M. Pd. (II) Ahmad Nurabadi M. Pd. Kata kunci analisis faktor motivasi guru tetap yayasan Motivasi merupakan daya penggerak yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi yang dimiliki seseorang dapat bersumber dari dalam diri (intrinsik) dan luar diri (ekstrinsik) sehingga terbentuklah faktor-faktor motivasional. Faktor-faktor motivasional memiliki manfaat bagi GTY yaitu menumbuhkan semangat dan mencintai pekerjaanya memiliki niat dalam bekerja secara maksimal untuk menghasilkan pekerjaan yang baik selalu bersyukur atas apa yang diperoleh selama menjalankan pekerjaannya dengan baik dan tetap loyal bekerja pada yayasan. Analisis faktor-faktor motivasional GTY di MI Swasta di Kota Malang berguna untuk mengetahui faktor-faktor motivasi yang bersifat intrinsik dan ekstrinsik.GTY adalah guru yang memiliki status sebagai guru tetap yang dipercaya oleh yayasan untuk menjadi tenaga pendidik serta dapat mengabdi selama guru tersebut mampu bekerja dengan upah yang ditentukkan oleh sekolah dimana guru itu bekerja. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor motivasional GTY di MI Swasta di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam melakukan penelitian yaitu angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis data eksploratori. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Kontribusi masing-masing faktor motivasional GTY di MI Swasta di Kota Malang diuraikan secara rinci sebagai berikut. (1) motivasi intrinsik yaitu (a) faktor tangggung jawab dalam kategori Tinggi dengan presentase 43% (b) faktor keyakinan dalam kategori Tinggi dengan persentase 43% dan (c) faktor kebutuhan-kebutuhan dalam kategori Tinggi dengan persentase 43%. (2) motivasi ekstrinsik yaitu (a) faktor interaksi sosial dalam kategori Sedang dengan persentase 43% (b) faktor kompensasi dalam kategori Sedang dengan persentase 46% (c) faktor lingkungan kerja dalam kategori Tinggi dengan persentase 57% dan (d) faktor penghargaan dalam kategori Sedang dengan persentase 56%. Tingkat motivasi intrinsik dan ekstrinsik GTY di MI Swasta di Kota Malang secara rinci sebagai berikut. (1) motivasi intrinsik yaitu (a) faktor tanggung jawab dengan kumulatif sebesar 18 215% (b) faktor keyakinan dengan kumulatif sebesar 14 416% dan (c) faktor kebutuhan-kebutuhan dengan kumulatif 8 792% (2) Motivasi Ekstrinsik yaitu (a) faktor interaksi sosial dengan kumulatif sebesar 14 204 % (b) faktor kompensasi dengan kumulatif sebesar 13 128% (c) faktor lingkungan kerja dengan kumulatif 12 216% dan (d) faktor penghargaan dengan kumulatif sebesar 11 349%. Diketahui pula dalam penelitian ini bahwa faktor paling dominan dan memiliki kumulatif tinggi yang menjadikan GTY di MI Swasta di Kota Malang yaitu (1) Motivasi Intrinsik yaitu faktor tanggungjawab sebesar 18 215% dan (2) Motivasi Ekstrinsik yaitu faktor interaksi sosial sebesar 14 204%. Saran penelitian ini yaitu (1) Bagi Pengurus Yayasan sebaiknya hal pertama yang dilakukan adalah membuat program-program sosial dimana interaksi antar pegawai dapat terjalin dengan sangat baik. Kedua sebaiknya perlu menyepadankan antara hasil kerja GTY dengan kompensasi yang diterima GTY. Ketiga mewujudkan penataan lingkungan kerja yang dapat menumbuhkan motivasi dan memberikan rasa nyaman bagi GTY saat melaksanakan pekerjaannya. Keempat sebaiknya memberikan penghargaan bagi GTY yang memiliki prestasi dalam kinerjanya baik berupa kesempatan promosi pujian pengakuan maupun insentif. (2) Bagi Kepala Madrasah sebaiknya hal pertama yang dilakukanpengadaan penjaga sekolah sehingga situasi sekolah lebih kondusif. Kedua dengan mendukung penuh dan memberikan jalan keluar dari berbagai persoalan yang dihadapi GTY ketika bekerja dalam tim dalam hal memecahkan permasalahan dalam pekerjaan. Ketiga membuat usulan program tambahan selain gaji yang diperoleh GTY dengan pemberian sembako kebutuhan operasional misalnya Bahan Bakar Minyak (BBM) setiap dua minggu sekali maupun satu bulan sekali kepada pihak yayasan. Keempat sebaiknya merancang dan mengajukan desain lingkungan kerja yang efektif dan efisien. Kelima sebaiknya mengajukan GTY yang memiliki prestasi dalam bidang tertentu untuk mendapatkan peluang berupa promosi atau mendapatkan pengakuan atas prestasi yang dimiliki GTY kepada pihak yayasan. (3) Bagi Kepala Kementerian Agama Kota Malang sebaiknya membuat program-program kegiatan seminar maupun disela-sela kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Kementerian agama dengan memberikan sentuhan tema yang berkaitan dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik GTY. (4) Bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan sebaiknya ketika ingin mengembangkan judul penelitian yang berkaitan dengan motivasional GTY lebih diperluas fokus penelitiannya. (5) Bagi PGRI sebaiknya dapat dengan sungguh-sungguh mewujudkan tujuan umumnya salah satunya meningkatkan harkat dan martabat guru melalui peningkatan kesejahteraan anggota serta kesetiakawanan organisasi. (6) Bagi Peneliti Lain sebaiknya melakukan penelitian lain dengan fokus penelitian yang sama dan perlu dilakukannya perbandingan dengan judul skripsi lain yang berkaitan pula. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat Rahmat dan Karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis dengan senang hati menyampaikan terima kasih penulis sampaikan kepada 1.Ibu Dr. Hj. Maisyaroh M. Pd selaku dosen Pembimbing I yang telah memberikan begitu banyak masukkan dan bimbingan yang bermanfaat. Dimulai dari proses penyusunan proposal skripsi sampai proses penelitian dan penyusunan skripsi. 2.Bapak Ahmad Nurabadi M. Pd selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan petunjuk dan bimbingan yang sangat bermanfaat selama proses penyusunan proposal skripsi dan penyusunan skripsi. 3.Bapak Dr. H Kusmintardjo M. Pd Dosen Penguji Utama yang telah memberikan banyak masukkan dan saran untuk kesempurnaan skripsi ini. 4.Bapak Dr. H. A. Yusuf Sobri S. Sos M. Pd selaku Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan yang telah mendukung membantu memberikan kesempatandan menyetujuipenulisan skripsi. 5.Bapak Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M. Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yang telah memberikan ijin bagi penulis untuk mengadakan penelitian skripsi ini. 6.Bapak/Ibu Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat selama mengikuti perkuliahan. 7.Kepala Kementerian Agama Kota Malang dan seluruh Kepala Madrasah Ibtidaiyah di-Kota Malang yang telah memberikan ijin dan memberikan data-data yang dibutuhkan sehingga penelitian ini dapat terlaksana. 8.Kedua orangtua Bapak Sukadi dan Ibu Suwanti Adik Dwi Sahilah Rachmawati dan Adik Tria Surya Ningsih yang selalu memberikan doa dukungan moril kasih sayang semangat dan motivasi. Terima Kasih atas pengorbanan dan kerja keras yang telah diberikan. 9.Seluruh teman Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan terutama Sagita Manggala Dewi S. Pd Zsa-Zsa Nur Azizah Nita Agustin Mustofa dan Ratih Puspitaning Dyah Sari yang selalu ada saat penulis membutuhkan masukan bantuan dan motivasi selama penulis menyelesaikan skripsi. 10.Buat semua pihak yang telah membantu dan tidak sempat disebutkan namanya penulis mengucapkan terima kasih atas doa dan bantuannya. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari kekurangan. Oleh karena itu penulis terbuka menerima masukan yang bersifat membangun demi demi kesempurnaan skripsi ini bermanfaat bagi para pembaca. Malang 7 Agustus 2017 Ika Yuliana DAFTAR ISI Halaman ABSTRAKi KATA PENGANTARiii DAFTAR ISIv DAFTAR TABELvii DAFTAR GAMBARviii DAFTAR LAMPIRANix BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Masalah1 B.Rumusan Masalah6 C.Tujuan Penelitian6 D.Kegunaan Penelitian6 E.Asumsi Penelitian7 F.Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian8 G.Definisi Operasional9 BAB II KAJIAN PUSTAKA A.Definisi Motivasi 12 B.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi 13 C.Teori Motivasi17 D.Guru Tetap Yayasan25 E.Hasil Penelitian Terdahulu26 BAB III METODE PENELITIAN A.Rancangan Penelitian 27 B.Identifikasi dan Jabaran Variabel Penelitian28 C.Objek Lokasi dan Waktu Penelitian30 D.Populasi dan Sampel Penelitian31 E.Instrumen Penelitian35 F.Pengumpulan Data38 G.Analisis Data40 BAB IV HASIL ANALISIS A.Kontribusi Masing-masing Faktor Motivasional yang Mendorong GTY di MI Swasta di Kota Malang51 B.Analisis Faktor Motivasi GTY di MI Swasta di Kota Malang61 C.Faktor Motivasi yang Paling Dominan Mempengaruhi GTY di MI Swasta di Kota Malang69 BAB V PEMBAHASAN A.Kontribusi Masing-masing Faktor Motivasional GTY di MI Swasta di Kota Malang 71 B.Tingkat Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik GTY di MI se-Kota Malang 77 BAB VI PENUTUP A.Kesimpulan83 B.Saran 84 DAFTAR RUJUKAN87 LAMPIRAN91 RIWAYAT HIDUP165 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 2.1 Hasil Penelitian Terdahulu26 3.1 Jabaran Variabel29 3.2 Populasi Guru Tetap Yayasan di MI Swasta di Kota Malang33 3.3 Sampel Berdasarkan Tingkatan Sekolah/Madrasah35 3.4 Pemberian Kode dengan Skala Likert36 3.5 Tabel Uji Reliabiltas 38 3.6 Ringkasan Analisis Deskriptif Variabel Penelitian Motivasi Intrinsik44 3.7 Ringkasan Analisis Deskriptif Variabel Penelitian Motivasi Ekstrinsik44 4.1 Distribusi Frekuensi Faktor Tanggungjawab 51 4.2 Distribusi Frekuensi Faktor Keyakinan53 4.3 Distribusi Frekuensi Faktor Kebutuhan-Kebutuhan54 4.4 Distribusi Frekuensi Faktor Interaksi Sosial56 4.5 Distribusi Frekuensi Faktor Kompensasi57 4.6 Distribusi Frekuensi Faktor Lingkungan Kerj 58 4.7 Distribusi Frekuensi Faktor Penghargaan60 4.8 Komponen Rotasi Matrix Motivasi Intrinsik 63 4.9 Ranking Perolehan Hasil Analisis Faktor Motivasi Intrinsik64 4.10Komponen Rotasi Matrix Motivasi Ekstrinsik67 4.11Ranking Perolehan Hasil Analisis Faktor Motivasi Ekstrinsik68 DAFTAR GAMBAR Gambar Halaman 3.1 Peta Wilayah Kota Malang30 3.2 Kriteria Slovin34 3.3 Korelasi Product Moment36 3.4 Cronbach s Alpha37 3.5 Analisis Faktor 40 3.6 Model Analisis Faktor41 3.7 Analisis Deskriptif42 3.8 Panjang Kelas Interval43 3.9 Mean43 4.1 Distribusi Frekuensi Faktor Tanggungjawab 52 4.2 Distribusi Frekuensi Faktor Keyakinan54 4.3 Distribusi Frekuensi Faktor Kebutuhan-Kebutuhan 55 4.4 Distribusi Frekuensi Faktor Interaksi Sosial57 4.5 Distribusi Frekuensi Faktor Kompensasi58 4.6 Distribusi Frekuensi Faktor Lingkungan Kerja 59 4.7 Distribusi Frekuensi Faktor Penghargaan61 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran Halaman 1. Surat Ijin Penelitian92 2. Angket Uji Coba116 3. Data Mentah Angket Uji Coba124 4. Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas126 5. Angket Penelitian135 6. Data Mentah Angket Penelitian142 7. Hasil Analisis Faktor Motivasi Intrinsik144 8. Hasil Analisis Faktor Moyivasi Ekstrinsi148 9. Hasil Analisis Deskriptif153 10.Hasil MSI.154 11.Hasil Penentuan Nilai Tertinggi dan Terendah 164
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |