Perbedaan penggunaan throttle body racing dengan throttle body standard terhadap daya, konsumsi bahan bakar, dan emisi pada honda cb150r k15 / Faza Ridlo Azzuhri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan throttle body racing dengan throttle body standard terhadap daya, konsumsi bahan bakar, dan emisi pada honda cb150r k15 / Faza Ridlo Azzuhri</p>

Azzuhri, Faza Ridlo (2024) Perbedaan penggunaan throttle body racing dengan throttle body standard terhadap daya, konsumsi bahan bakar, dan emisi pada honda cb150r k15 / Faza Ridlo Azzuhri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan Throttle Body bertujuan untuk mengatur jumlah udara yang masuk yang menuju ruang bakar. Mengganti Throttle Body Standard dengan Throttle Body Racing merupakan inovasi dengan biaya yang sedikit untuk meningkatkan performa sepeda motor Honda CB150R K15. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji apakah terdapat perbedaan ketika menggunakan Throttle Body Racing dengan Throttle Body Standard terhadap daya konsumsi bahan bakar dan emisi pada sepeda motor Honda CB150R K15 dengan bahan bakar Pertamax. Pada penelitian menggunakan jenis eksperimental dengan tiga variabel penelitian. Variabel bebasnya yaitu Throttle Body Racing dan Throttle Body Standard. Variabel terikatnya yaitu daya daya konsumsi bahan bakar dan emisi. Dan Variabel Kontrolnya yaitu 1) pengujian daya konsumsi bahan bahar dan emisi pada rentang 2500-10000 rpm pada kelipatan 500 rpm. 2) pengujian pada sepeda motor Honda CB150R K15 2015 dan menggunakan box filter udara. 3) Pengujian dilakukan menggunakan bahan bakar Pertamax 92. Berdasarkan hasil data analisis penelitian tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan Throttle Body Racing dan Throttle Body Standard pada daya konsumsi bahan bakar dan emisi yang dihasilkan. Throttle Body Racing menghasilkan nilai rata-rata daya konsumsi bahan bakar lebih tinggi dan emisi lebih rendah dibandingkan ketika menggunakan Throttle Body Standard. Hal ini disebabkan Manifold Absolute Pressure (MAP) hanya dapat membaca tekanan udara yang masuk dari throttle body menuju ruang bakar sehingga campuran bahan bakar menjadi lean dan debit udara yang masuk menjadi lebih banyak pada tiap variasi rpm memungkinkan pembakaran menjadi lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/385786

Actions (login required)

View Item View Item