Rancang bangun sensor IAT (intake air temperature) berbasis elektronika dengan negative temperature coefficient pada mesin Toyota Avanza K3-VE / Arga Ilham Pratama</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sensor IAT (intake air temperature) berbasis elektronika dengan negative temperature coefficient pada mesin Toyota Avanza K3-VE / Arga Ilham Pratama</p>

Pratama, Arga Ilham (2020) Rancang bangun sensor IAT (intake air temperature) berbasis elektronika dengan negative temperature coefficient pada mesin Toyota Avanza K3-VE / Arga Ilham Pratama</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sensor IAT (Intake Air Temperature) pada dasarnya sama dengan komponen elektronika yaitu NTC (Negative Temperature Coefficient) juga dapat merubah resistansi berdasarkan suhu yang ada pada sekitar dimana pada saat suhu disekitar rendah maka resistansi semakin tinggi dan jika suhu disekitar tinggi maka resistansi semakin rendah. Tujuan penelitian ini untuk membuat sensor IAT dengan menggunakan negative temperature coefficient yang mudah didapatkan dipasaran yang tentunya dilakukan penyesuaian dengan resistansi yang ada pada sensor IAT standard. Pada penelitian ini menggunakan jenis ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu 1)analysis harga sensor yang relatif mahal serta ketersediaan bahan pengembangan yang mudah didapatkan analisis kebutuhan dan analisis desain dari sensor IAT produk. 2)Design dengan mendesain ukuran dan gambar yang dibuat dengan Autodesk Inventor. 3)Development mengembangkan sensor yang telah jadi dan diobservasi serta telah divalidasi oleh ahli desain. 4)Implementation dengan menguji sensor produk IAT pada mesin Avanza K3-VE pada putaran 1000RPM-4000RPM 5)Evaluation mengevaluasi kelemahan yang ada pada sensor produk IAT. Berdasarkan hasil analisis penelitian terkait dengan sensor IAT produk yang telah dibuat pada tahap observasi terlihat terdapat perbedaan yang tidak terlalu signifikan terhadap resistansi atau tahanan pada sensor IAT produk pada range 20OC-38 OC dan memperoleh nilai sebesar 90% oleh ahli desain yang dapat dikategorikan sangat layak. Pada pengujian sensor terlihat sensor IAT produk dapat membaca kenaikan suhu udara yang masuk ke dalam intake manifold tiap variasi putaran mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/385771

Actions (login required)

View Item View Item