Pengaruh pembelajaran modul, respon siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Mojokerto / Anni Inayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran modul, respon siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Mojokerto / Anni Inayah

Inayah, Anni (2009) Pengaruh pembelajaran modul, respon siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Mojokerto / Anni Inayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka banyak para ahli kependidikan yang terdorong untuk melakukan upaya-upaya pembaharuan atau strategi dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dewasa ini telah banyak dikembangkan suatu bentuk pembelajaran yang dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar secara individual. Bentuk atau strategi pembelajaran ini memiliki landasan bahwa seseorang itu memiliki kemampuan potensial (intelegensi dan bakat) yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Pembelajaran modul merupakan salah satu alternatif dalam menyelenggarakan pengajaran individual. Pembelajaran modul mampu memberi kemungkinan kepada siswa untuk belajar mandiri karena setiap siswa dalam kelas dilibatkan secara maksimal dengan menciptakan kondisi-kondisi eksternal yang optimal bagi masing-masing siswa dan modul yang merupakan satuan program belajar mengajar terkecil ini memuat rangkaian kegiatan belajar yang direncanakan secara sistematis operasional dan terarah karena disertai petunjuk atau pedoman penggunaannya baik bagi siswa maupun guru sehingga hasil kerja yang dicapai siswa sesuai dengan tingkat kemampuannya sendiri. Disamping itu motivasi siswa untuk belajar juga dapat ditingkatkan. Adanya penentuan kecepatan oleh masing-masing siswa dalam mempelajari modul membuat guru memiliki cukup waktu untuk berinteraksi secara tatap muka dengan siswa untuk membantunya memahami dan menguasai bahan pelajaran sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar dan respon siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan fiskal dan moneter siswa kelas XI IPS MAN Mojokerto. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment atau eksperimental semu. Rancangan penelitiannya adalah The Pretest-Posttest Controlled Group Design. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI IPS-1 XI IPS-3 dan XI IPS-4 sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPS-3 dan XI IPS-4 MAN Mojokerto tahun pelajaran 2007/2008 yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Analisis penelitian yang dipakai adalah uji beda dua rata-rata atau t-test . Meningkatnya prestasi belajar siswa dapat diketahui dari ketuntasan belajar dan hasil kemampuan akhir siswa atau post-test pada mata pelajaran ekonomi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Dengan menggunakan pembelajaran modul ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terbukti dengan analisis hasil belajarnya yang dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan yaitu pada kelas eksperimen sebesar 86 3 % telah tuntas dan hanya 13 7 % yang belum tuntas dalam belajar dan kelas kontrol sebesar 53 2 % telah tuntas dan 46 8 % tidak tuntas. Sedangkan dari hasil nilai rata-rata kemampuan akhir siswa kelas eksperimen sebesar 63 52 dan kelas kontrol yang hanya 54 25. Selain itu juga berdasarkan data respon siswa yang diambil dengan menyebarkan kuesioner pada akhir pembelajaran dapat diketahui bahwa pada kelas eksperimen yang berkategori baik adalah sebesar 64 7% siswa dan kelas kontrol hanya sebesar 44 7% siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pembelajaran modul terhadap prestasi belajar dan respon siswa mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan fiskal dan moneter siswa kelas XI IPS MAN Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut khususnya pada materi yang akan diajarkan hendaknya dapat dikembangkan lagi atau dapat juga dilakukan pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38576

Actions (login required)

View Item View Item