Efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMPN 4 Blitar / Pentaningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMPN 4 Blitar / Pentaningtiyas

Pentaningtiyas (2009) Efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMPN 4 Blitar / Pentaningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam memperbaiki mutu sumber daya manusia kemajuan suatu bangsa hanya bisa dicapai melalui penataan pendidikan yang baik.Upaya peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat meningkatkan harkat martabat manusia Indonesia. Oleh karena itu peningkatan dan pembaharuan dalam bidang pendidikan harus terus dilakukan agar tujuan dari pendidikan nasional dapat tercapai. Berbagai usaha dalam peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan salah satunya dengan perubahan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) bukan hanya itu saja peningkatan efektivitas metode pembelajaran juga harus dilakukan. Metode-metode pembelajaran yang baru perlu diterapkan guna meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). Dalam pembelajaran model ini siswa tidak hanya mendengarkan guru yang sedang mengajar sering kali membuat siswa bosan dan bahkan menjadi pasif tetapi di TGT ini siswa diajarkan untuk mengeluarkan pendapat dan melatih kemampuan siswa yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar dalam pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan perusahaan dan badan usaha siswa kelas VII di SMPN 4 Blitar (2) untuk mengetahui dan membandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT ) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada pokok bahasan perusahaan dan badan usaha siswa kelas VII di SMPN 4 Blitar. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Blitar. Mulai dari tanggal 12 April 2008 sampai 28 Mei 2008 yang menjadi subyek penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan metode TGT sedangkan pada kelas kontrol diberikan metode ceramah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui 1) tes (pre test dan post test) lembar observasi dan angket. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji-t uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran model TGT berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari data minat terhadap pembelajaran TGT. Selain itu ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMPN 4 Blitar yang diajar menggunakan TGT dengan yang diajar menggunakan metode ceramah pada materi perusahaan dan badan usaha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) keterlaksanaan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII SMP 4 Blitar berlangsung dengan baik. Secara umum tiap kelompok mendapatkan nilai bagus untuk tiap aspek penilaian unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif yaitu pada rentang 58 33% sampai dengan 100%. Terjadi peningkatan poin turnamen I ke turnamen II pada pembelajaran TGT. Selain itu pula siswa memberi respon positif terhadap pembelajaran kooperatif TGT. Sebagian besar siswa menjawab sangat setuju dan setuju terhadap setiap indikator minat siswa terhadap metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Blitar yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada materi perusahaan dan badan usaha dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. Hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Blitar baik dari segi kognitif dan afektif yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) Guru ekonomi hendaknya mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi yang sesuai 2) Guru diharapkan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) menggunakan variasi permainan yang berbeda sehingga siswa menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar. 3) Guru hendaknya memberi pengawasan penuh terhadap proses diskusi siswa agar proses belajar kelompok dapat benar-benar kooperatif. 4) Dalam menerapkan turnamen TGT guru hendaknya sudah mempersiapkan tata ruang meja turnamen kartu soal kartu jawaban dan undian sebelum siswa masuk dalam kelas. 5)Guru hendaknya sering memberikan latihan soal-soal yang bentuknya variasi yang dapat menguji berbagai tingkat kognitif ketrampilan proses siswa dan berfikir kritis sehingga siswa terbiasa untuk memecahkan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38575

Actions (login required)

View Item View Item