Keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Rani Ayu Krisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Rani Ayu Krisnawati

Krisnawati, Rani Ayu (2010) Keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Rani Ayu Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu pengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan akan menjadi salah satu acuan bagi siswa untuk memperoleh informasi mengenai pelajaran yang diajarkan. Model pembelajaran juga merupakan salah satu cara untuk berinteraksi antara guru dengan siswa. Hasil belajar merupakan pengukur tingkat kemampuan siswa apakah siswa tersebut telah memahami materi yang diberikan ataukah belum. Hasil belajar dapat diukur dari tiga aspek yaitu aspek kognitif psikomotor dan afektif. Model pembelajaran yang dilakukan pada siswa disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada siswa agar hasil belajar yang didapat siswa lebih optimal. Untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar maka diadakanlah penelitian ini yang mengambil salah satu model pembelajaran yaitu Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah termasuk didalamnya belajar bagaimana belajar. Model pembelajaran ini diberikan pada siswa agar siswa mampu berinteraksi baik dengan guru maupun dengan teman untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa dilatih untuk menyelesaikan masalah sendiri dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan tersebut maka dilakukan penilaian pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam pengajaran kewirausahaan disekolah yaitu pada materi cara-cara merintis usaha baru dan strategi kewirausahaan. Penelitian ini mengambil subyek siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Malang pada tanggal 13 Mei hingga 10 Juni 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Analis data hasil penelitian menggunakan prosentase rata-rata dari nilai yang diperoleh siswa baik nilai kognitif psikomotor dan afektif serta lembar observasi yang digunakan pada tiap siklus dan kemudian dibandingkan antara siklus satu dengan siklus dua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terlihat pada nilai-nilai yang diperoleh siswa tiap siklus. Nilai kognitif siklus I perolehan rata-rata siswa sebesar 73.71 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 68.57%. Pada siklus II perolehan nilai kognitif rata-rata sebesar 81.29 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91.43%. Nilai psikomotor rata-rata siswa siklus I sebesar 69.43 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 87. Bila ketuntasan belajar diprosentase maka pada siklus I nilai psikomotor yang diperoleh siswa sebanyak 77.14% dan pada siklus II menjadi 96.67%. Prosentase ketuntasan belajar aspek afektif yang diperoleh siswa sebesar 71.02% pada siklus I dan pada siklus II prosentase ketuntasan rata-rata aspek afektif siswa sebesar 84.67% dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada kenaikan sebesar 13.65% pada aspek afektif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalmya pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa atau model pembelajaran lainnya. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus. Sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal guna perbaikan pendidikan. Bagi guru mata pelajaran keweirausahaan dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar dari proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan lingkungan belajar siswa serta ketersediaan waktu yang cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38574

Actions (login required)

View Item View Item