Hanum, Nur Amaliyah (2017) Analisis faktor-faktor motivasional peserta didik SMA dalam mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah se-Kota malang / Nur Amaliyah Hanum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hanum Nur Amaliyah. 2017. Analisis Faktor-Faktor Motivasional Peserta Didik SMA Dalam Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (2) Dr. H. A. Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata kunci motivasi peserta didik SMA mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Peserta didik SMA Se-Kota Malang masih banyak yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Meskipun demikian SMA di Kota Malang ada yang menyediakan bimbingan belajar di dalam sekolah dengan nama lain yaitu program intensif belajar. Sekolah seharusnya bisa memberikan layanan bimbingan belajar sebagaimana layanan yang diberikan oleh lembaga bimbingan belajar di luar sekolah. Mencakup tips pembelajaran yang memudahkan pemahaman peserta didik dalam belajar tips mengerjakan soal dalam waktu cepat dan tentunya dengan tentor yang cerdas ramah dan bersahabat. Hanya faktanya guru tidak dapat memberikan apa yang menjadi kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (a) menemukan faktor-faktor yang menyebabkan motivasi peserta didik Sekolah Menengah Atas dalam mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang (b) mengetahui tingkat kontribusi masing-masing faktor penyebab peserta didik Sekolah Menengah Atas dalam mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang dan (c) menemukan faktor yang paling dominan pada peserta didik Sekolah Menengah Atas dalam mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian bersifat deskriptif eksploratori. Populasi dalam penelitian ini adalah 6 Lembaga Bimbingan Belajar Se-Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 113 peserta didik SMA yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis eksploratori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penelitian ini menemukan faktor-faktor yang menyebabkan motivasi peserta didik SMA dalam mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang yaitu (a) faktor penilaian (b) faktor pengakuan (c) faktor hukuman (d) faktor kemampuan (e) faktor keberhasilan (f) faktor ejekan (g) faktor kebutuhan sosial (h) faktor penghargaan (i) faktor persaingan (2) tingkat kontribusi masing-masing faktor motivasi peserta didik SMA dalam mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang yaitu (a) faktor penilaian (b) faktor pengakuan (c) faktor hukuman (d) faktor kemampuan (e) faktor keberhasilan (f) faktor ejekan (g) faktor kebutuhan sosial (h) faktor penghargaan dan (i) faktor persaingan (3) faktor motivasi peserta didik SMA yang paling dominan mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang adalah faktor penilaian. Hal ini dapat dilihat dari nilai eigen value tertinggi dari faktor lainnya. Indikator faktor penilaian meliputi nilai-nilai sekolah yang tidak memuaskan prestasi kurang baik dan mendapat teguran dari orangtua dan guru. Saran yang dapat diberikan antara lain (1) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat menyebarluaskan lulusan administrasi pendidikan yang mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan manajemen pendidikan terutama menekankan pada pengetahuan dan pemahaman supervisi pendidikan sehingga dapat mencetak guru-guru yang menyenangkan ramah penyabar bersahabat dan tentunya guru yang cerdas bagi peserta didik di sekolah (2) bagi Kepala SMA Se-Kota Malang dapat lebih menekankan pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dengan guru-guru yang menyenangkan ramah penyabar bersahabat dan tentunya guru yang cerdas dimana ini merupakan bentuk pelayanan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) yang menjadikan peserta didik betah dalam belajar (3) bagi Lembaga Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Se-Kota Malang dapat membantu peserta didik dalam menekankan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah (4) bagi peneliti lain penelitian ini hanya meneliti peserta didik SMA dan diharapkan peneliti lain dapat meneliti seluruh tingkatan sekolah seperti motivasi peserta didik SD/MI SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dalam mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Se-Kota Malang dan menyempurnakan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |