Perbandingan kreativitas dan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode discovery dengan metode ceramah (studi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang) / Indah Suyana Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan kreativitas dan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode discovery dengan metode ceramah (studi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang) / Indah Suyana Aprilia

Aprilia, Indah Suyana (2010) Perbandingan kreativitas dan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode discovery dengan metode ceramah (studi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang) / Indah Suyana Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang baik dan bermakna adalah pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan belajar mengajar di sekolah sehingga kreativitas siswa dapat berkembang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan kreativitas dapat membantu siswa menganalisis dan memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapai dengan alternatif jawaban yang dimiliki selain itu dapat meningkatkan motivasi kompetensi dan rasa percaya diri siswa. Kreativitas siswa dapat dilihat dari hasrat keingintahuan siswa partisipasi siswa dalam melaksanakan tugas cara siswa menanggapi pertanyaan dan latar belakang membaca siswa. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek kognitif yang berupa nilai tes. Selama ini guru ekonomi masih menggunakan metode ceramah. Guru lebih banyak mentransfer ilmu dan siswa menerima serta mencatat sehingga kreativitas siswa kurang berkembang dan hasil belajar siswa kurang optimal. Salah satu metode yang dapat mengembangkan kreativitas dan meningkatkan hasil belajar adalah metode discovery. Metode discovery banyak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran karena siswa bekerja dan mengalami sendiri melalui mencari dan menemukan sendiri pengetahuan dan informasi sehingga ilmu yang diperoleh siswa dapat bertahan lama dan bermakna sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dan motivator. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang yang diajar menggunakan metode discovery dengan metode ceramah 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang yang diajar menggunakan metode discovery dengan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan desain non equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas X-4 sebagai kelompok kontrol sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk menilai kreativitas siswa dan soal tes untuk menilai hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (t -test) Independent Sample Test dengan taraf signifikansi 5 %. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji t digunakan untuk menguji kesamaan rata-rata dan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang yang diajar dengan menggunakan metode discovery dengan metode ceramah dengan nilai t sebesar 5 875 dimana kelas eksperimen memiliki kreativitas lebih tinggi ( 60 94) daripada kelas kontrol ( 37 77) 2) ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang yang diajar dengan menggunakan metode discovery dengan metode ceramah dengan nilai t sebesar 2 374 dimana kelompok eksperimen memiliki hasil belajar lebih tinggi ( 47 51) daripada kelompok kontrol ( 37 71). Berdasarkan pada penelitian yang telah dilaksanakan maka terdapat beberapa saran untuk lebih mengoptimalkan penerapan metode discovery antara lain 1) bagi guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 9 Malang khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan metode discovery sebagai metode mengajar karena hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa metode discovery dapat mengembangkan kreativitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa 2) pelaksanaan metode discovery hendaknya dipertimbangkan kesesuaian antara materi yang ada di buku dengan siswa dan kondisi lingkungan siswa serta waktu yang tersedia 3) penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan oleh peneliti selanjutnya untuk diterapkan pada kelas dan sekolah lain dengan materi berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38569

Actions (login required)

View Item View Item