Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Malang / Titik Nur Maharanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Malang / Titik Nur Maharanti

Maharanti, Titik Nur (2009) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Malang / Titik Nur Maharanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutu pendidikan Indonesia masih jauh di bawah negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Untuk mengatasi masalah pendidikan maka pemerintah Indonesia melakukan pembaharuan di bidang kurikulum yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa yang kemudian lebih dikenal dengan nama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum KBK adalah pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yaitu model pembelajaran yang menghadirkan kehidupan nyata ke dalam kelas sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Malang pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Inflasi 2) Bagaimanakah kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Malang dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Inflasi 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Malang pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Inflasi dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2007/2008 dengan jumlah 38 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kritis dan keterlaksanaan pembelajaran yaitu dengan menggunakan persentase. Teknik analisis data untuk menilai hasil belajar siswa pada penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan persentase ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan setelah tindakan pada kedua siklus. Instrumen yang digunakan untuk penilaian kemampuan berpikir kritis dan keterlaksanaan tindakan guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah adalah dengan menggunakan observasi. Hasil belajar diperoleh dengan memberikan soal pre-test dan post-test tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek kemampuan berpikir kritis siswa yang diamati yaitu dari 65 13% pada siklus I meningkat menjadi 83 41% pada siklus II. Dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) pada siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 34 21%. Adapun saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah 1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi dapat menggunakan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar ekonomi siswa. 2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan lingkungan belajar siswa serta ketersediaan waktu yang cukup. 3) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38567

Actions (login required)

View Item View Item