Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Azizatur Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Azizatur Rosyidah

Rosyidah, Azizatur (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Azizatur Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Kepanjen diperoleh informasi bahwa pembelajaran ekonomi sudah mulai menggunakan variasi bentuk model-model pembelajaran namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Hal ini karena model-model pembelajaran yang dilakukan hanya ceramah dan tanya jawab saja. Akan tetapi pada pokok bahasan tertentu terkadang menggunakan diskusi sebatas diskusi model konvensional yang rawan dengan menurunnya motivasi belajar siswa saat aktivitas berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses belajar mengajar di kelas tersebut adalah pembelajaran kooperatif model numbered head together. Pembelajaran kooperatif model numbered head together adalah strategi pembelajaran dimana para siswa aktif bekerja sama dalam kelompok kecil yang dimulai dengan penomoran pengajuan pertanyaan berpikir bersama dan pemberian jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kepanjen pada mata pelajaran ekonomi (2) Apakah penerapan pembelajaran model numbered head together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kepanjen dalam mata pelajaran ekonomi (3) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kepanjen dalam mata pelajarn ekonomi Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kepanjen dengan jumlah 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik analisa data yang digunakan untuk hasil belajar digunakan rata-rata nilai hasil tes. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan observasi kegiatan guru. Hasil belajar diperoleh dengan memberikan tes disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model numbered head together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek motivasi belajar siswa yang diamati yaitu 58 19% dengan kategori cukup pada siklus I meningkat 70 30% dengan kategori tinggi pada siklus II. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar dari nilai rata-rata sebesar 74 23 dengan kategori baik pada siklus I meningkat menjadi 85 38 dengan kategori baik sekali pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15 02%. Adapun saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kepanjen pada khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model numbered head together sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together hendaknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan langkah-langkahnya agar mendapatkan hasil yang optimal (3) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbred head together hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan lingkungan belajar siswa dan ketersediaan waktu yang cukup (4) Pada penelitian ini dalam mengukur hasil belajar peneliti hanya mengukur ranah kognitif saja oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur ketiga ranah yang meliputi ranah kognitif afektif dan psikomotorik (5) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda (6) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38563

Actions (login required)

View Item View Item