Akunfariana, Yunita Kanida (2009) Efektivitas pembelajaran kooperatif metode Think-Pair-Share untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan perusahaan dan badan usaha di SMP Negeri 5 Kediri / Yunita Kanida Akunfariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Think-Pair-Share merupakan suatu teknik sederhana dengan keuntungan besar. Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Selain itu Think-Pair-Share juga dapat memperbaiki rasa percaya diri dan semua siswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kelas. Mata pelajaran ekonomi merupakan pelajaran yang banyak menghafal menyebabkan pelajaran ini menjadi membosankan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan guru tentang model-model pembelajaran kooperatif sehingga proses pembelajaran masih didomonasi guru dan siswa menjadi pasif. Think-Pair-Share sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari 3 tahapan yaitu thinking pairing dan sharing. Guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pembelajaran (teacher oriented) tetapi justru siswa dituntut untuk dapat menemukan dan memahami konsep-konsep baru (student oriented). Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif metode Think-Pair-Share dengan siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada mata pelajaran ekonomi kelas VII di SMP Negeri 5 Kediri dengan melihat ada tidaknya perbedaan yang signifikan dari hasil tes prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang ditetapkan terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar dengan menggunakan metode Think-Pair Share sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajar dengan metode konvensional (ceramah). Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan cara memberikan pre test dan post test dalam pembelajaran ekonomi pada pokok bahasan perusahaan dan badan usaha. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif metode struktural Think-Pair-Share dengan siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Ini dibuktikan dari hasil uji-t yang menunjukkan thitung (6 181) ttabel (1 989) selain itu rata-rata hasil post test kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mempunyai rata-rata sebesar 81 8095 sedangkan kelompok kontrol rata-ratanya sebesar 68 2857. Ketuntasan belajar siswa yang dilihat dari nilai post test juga menunjukkan kelompok eksperimen yang menerapkan metode Think-Pair-Share lebih banyak yang tuntas belajar dari pada kelompok kontrol yang menerapkan metode konvensional (ceramah). Hasil post test kelompok eksperimen menunjukkan sebanyak 38 siswa (90 48%) tuntas belajar sedangkan pada kelompok kontrol yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa (42 86%). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada sekolah agar hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan strategi pembelajaran di SMP Negeri 5 Kediri karena pembelajaran dengan metode Think-Pair-Share telah terbukti meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 5 Kediri khususnya dan seluruh guru mata pelajaran ekonomi umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif metode Think-Pair-Share sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas dan dalam proses pembelajaran dengan metode Think-Pair-Share guru harus selalu memberikan arahan dan motivasi kepada siswa untuk memacu semangat dan keberanian siswa baik dalam kegiatan diskusi maupun pada tahap-tahap lain yang menjadi bagian dalam metode Think-Pair-Share. Sedangkan untuk peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan pembelajaran kooperatif metode Think-Pair-Share untuk dapat mengembangkan penelitian ini sehingga mendapat hasil penelitian yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38562 |
Actions (login required)
View Item |