Pengaruh tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2007-2008 / Lilik Fatmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2007-2008 / Lilik Fatmala

Fatmala, Lilik (2009) Pengaruh tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2007-2008 / Lilik Fatmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmala Lilik. 2008. Pengaruh Tingkat Kecerdasan Intelekual (IQ) terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Bambang Pranowo S.E M.Pd.Ak. (2) Dr. Nasich S.E M.P M.Pd. Kata kunci Kecerdasan Intelektual (IQ) Prestasi Belajar Prestasi belajar adalah suatu hasil yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar selama kurun waktu tertentu yang ditunjukan dalam bentuk simbol angka huruf penghargaan ataupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh siswa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor fisiologi dan faktor psikologi sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat. Jika dilihat dari faktor psikologis maka prestasi belajar salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan intelektual (IQ). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tingkat kecerdasan intelektual (IQ) siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (2) bagaimana prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (3) apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Dengan demikian tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kecerdasan intelektual (IQ) dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang serta untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh antara tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Variabel bebas (X) adalah tingkat kecerdasan intelektual (IQ) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik proporsional random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kecerdasan intelektual (IQ) dan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Sedangkan teknik analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) Tingkat kecerdasan intelektual (IQ) siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tergolong dalam kategori rata-rata (2) Prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tergolong dalam kategori baik (3) Tingkat kecerdasan intelektual (IQ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang terbukti dari sig.t 0 000 0 05. Nilai R Square sebesar 0 436 hal ini berarti naik turunnya prestasi belajar 0 436 berhubungan dengan variasi naik turunya tingkat kecerdasan intelektual (IQ). Adapun hasil perhitungan sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 43 6% hal ini menunjukan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang sebesar 43 6% sedangkan sisanya 46 4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini disebabkan karena belajar adalah suatu proses yang komplek dengan banyak faktor yang mempengaruhinya sedangkan yang diteliti dalam penelitian ini hanya satu variabel bebas yaitu kecerdasan intelektual (IQ). Berdasarkan urain diatas maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan intelektual (IQ) siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tergolong dalam kategori rata-rata prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tergolong dalam kategori baik dan terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada pihak sekolah hendaknya menggunakan data tes kecerdasan intelektual (IQ) yang diperoleh pada waktu pendaftaran siswa baru untuk memprediksi keberhasilan siswa sehingga pihak sekolah harus lebih selektif menerima siswa baru untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi kepada para guru hendaknya mengetahui tingkat kecerdasan intelektual (IQ) siswanya sehingga dapat diprediksi kemampuan awalnya dengan demikian guru dapat memberikan tindakan yang tepat seperti perhatian khusus kepada para siswa yang berada dalam kategori dibawah rata-rata diantaranya memberikan jam tambahan kepada para siswa hendaknya mengetahui tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang dimilikinya sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar sehingga prestasi belajarnya akan meningkat sedangkan kepada para peneliti lain yang bermaksud mengadakan penelitian yang berkaitan dengan topik atau tema penelitian ini maka hendaknya peneliti lain menambah variabel yang akan diteliti karena ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sehingga hasil penelitian selanjutnya akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38561

Actions (login required)

View Item View Item