Pengaruh partisipasi siswa dalam berkoperasi di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi kasus pada SMA Negeri 1 Malang) / Dwi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh partisipasi siswa dalam berkoperasi di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi kasus pada SMA Negeri 1 Malang) / Dwi Rahmawati

Rahmawati, Dwi (2009) Pengaruh partisipasi siswa dalam berkoperasi di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi kasus pada SMA Negeri 1 Malang) / Dwi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggotanya terdiri atas siswa sekolah baik negeri maupun swasta. Pendirian koperasi sekolah salah satunya sebagai tempat pembelajaran siswa khususnya mata pelajaran Kewirausahaan. Dengan berpartisipasi secara aktif di koperasi sekolah diharapkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan akan meningkat pula. Pada dasarnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah fasilitas/sarana belajar yaitu koperasi sekolah yang terwujud dalam tingkat partisipasi siswa dalam berkoperasi di sekolah di mana dalam penelitian ini terdiri dari ragam partisipasi yang meliputi partisipasi siswa dalam bidang organisasi partisipasi siswa dalam bidang usaha dan partisipasi siswa dalam bidang permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimanakah tingkat partisipasi siswa dalam berkoperasi di sekolah di SMA Negeri 1 Malang. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Malang. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimanakah pengaruh partisipasi siswa dalam berkoperasi di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Malang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 243 siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang dan diambil secara Cluster Proportional Random Sampling sebanyak 30% yaitu sebanyak 60 siswa untuk sampel. Teknik memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket/kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana dengan bantuan komputer SPSS for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat partisipasi siswa dalam berkoperasi di sekolah di SMA Negeri 1 Malang dalam pelaksanaan kewajiban dan hak siswa dalam bidang organisasi bidang usaha dan bidang permodalan adalah cukup aktif (91 67%) hal ini berarti tingkat partisipasi yang kadarnya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahan dapat disimpulkan sangat baik yaitu sebesar 53 33%. Baiknya prestasi belajar siswa tersebut disebabkan karena dipengaruhi oleh faktor keaktifan siswa dalam berkoperasi di sekolah (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara partisipasi aktif siswa dalam berkoperasi di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi yaitu nilai thitung 8.238 ttabel 2.001 dan signifikansi (0.000) 0 05 jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Partisipasi aktif di koperasi sekolah akan mendorong terciptanya prestasi belajar mata pelajaran Kewirausahaan yang lebih baik karena dengan berpartisipasi itulah akan meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari mata pelajaran Kewirausahaan sehingga kualitas pemahaman siswa dan keterampilannya di koperasi sekolah akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Pemberian ruang gerak bagi guru mata pelajaran Kewirausahaan untuk berkreativitas dengan koperasi sekolah sebagai sarana pembelajaran siswa dengan cara mengikuti berbagai perlombaan koperasi sekolah mengikuti seminar di luar koperasi sekolah dan mengikuti pertemuan antar sesama guru mata pelajaran Kewirausahaan (2) Memberikan pelayanan-pelayanan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anggota agar siswa tertarik dengan koperasi sekolah dan akhirnya siswa akan lebih berpartisipasi aktif di koperasi sekolahnya (3) Siswa lebih meningkatkan keikutsertaannya dengan berpartisipasi lebih aktif di koperasi sekolah dengan bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing baik sebagai anggota biasa maupun Pengurus agar prestasi belajarnya juga akan lebih meningkat karena pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja tetapi langsung praktek di koperasi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38560

Actions (login required)

View Item View Item