Pengaruh modernitas individu dan motivasi dari keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran IPS tahun ajaran 2007/2008 / Diyah Rahayu Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas individu dan motivasi dari keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran IPS tahun ajaran 2007/2008 / Diyah Rahayu Ratnasari

Ratnasari, Diyah Rahayu (2010) Pengaruh modernitas individu dan motivasi dari keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran IPS tahun ajaran 2007/2008 / Diyah Rahayu Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan pendidikan bagi seorang siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dalam diri siswa sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong siswa untuk berfikiran maju kreatif dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dengan sebaik mungkin. Dengan modernitas yang dimiliki menjadikan siswa tidak hanya belajar dari buku dan di sekolah saja melainkan bisa belajar dengan beragam media. Pengetahuan bisa dipelajari dengan melihat televisi akses internet maupun membaca artikel di media massa. Tingkat modernitas itu juga harus didukung oleh motivasi dari keluarga dengan pemenuhan kebutuhan dan fasilitas belajar yang memadai akan mendorong semangat belajar siswa. Melalui perhatian orang tua dengan menemani siswa belajar memberikan hadiah atau pujian bila prestasinya baik akan memberikan kesan kepada siswa bahwa dia diperhatikan sehingga memacu semangat belajar lebih rajin lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modernitas individu dan motivasi dari keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran IPS tahun ajaran 2007/2008. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari modernitas individu ( ) dan motivasi dari keluarga ( ) sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar pada mata pelajaran IPS (Y). Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional. Analisis data berupa analisis deskriptif dan regresi ganda. Penentuan sampel penelitian dengan purposive sampling. Subyek penelitian sebanyak 92 siswa yang diambil dari populasi kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran IPS rata-rata sedang yaitu sebesar 34.8% siswa. Rata-rata tingkat modernitas individu adalah sedang dengan jabaran sesuai indikator berikut kesiapan menghadapi pengalaman baru dan keterbukaan terhadap inovasi dan perubahan kategori sedang 54.4% siswa memiliki opini mengenai sejumlah problema dan persoalan kategori sedang 47.8% siswa berorientasi ke masa kini dan masa yang akan datang dari pada ke tempo dulu kategori tinggi 58.7% siswa berorientasi dalam perencanaan dan pengorganisasian kategori sedang 47.8% siswa efficacy kategori sedang 43.5% siswa perhitungan kategori sedang 33.7% siswa harga diri kategori tinggi 48.9% siswa percaya kepada sains dan teknologi kategori sedang 40.2% siswa percaya keadilan yang merata kategori tinggi 55.4% siswa. Rata-rata tingkat motivasi dari i keluarga adalah sedang dengan jabaran sesuai indikator berikut cara mendidik orangtua kategori sedang 41.3% siswa relasi antar anggota keluarga kategori sedang 53.3% siswa suasana rumah kategori tinggi 59.8% siswa ekonomi keluarga kategori tinggi 55.4% siswa pengertian orangtua kategori tinggi 42.4% siswa fasilitas belajar kategori sedang 46.7% siswa. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa secara bersama modernitas individu berpengaruh secara signifikan 0.000 kontribusinya 44.9% dan motivasi dari keluarga secara bersama juga berpengaruh secara signifikan 0.000 kontribusinya 47.4%. Analisis regresi secara bersama diperoleh dari tabel Anova sebesar 14.313 dengan signifikan 0.000 sehingga modernitas individu dan motivasi dari keluarga secara bersama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Besarnya kontribusi yang diberikan variabel modernitas individu dan motivasi dari keluarga ditunjukkan dengan Adjusted Rsquare sebesar 0.226 ini berarti bahwa prestasi belajar (Y) dipengaruhi oleh modernitas individu ( ) dan motivasi dari keluarga ( ) sebesar 0.226 atau 22.6% sedangkan sisanya sebesar 0.774 atau 77.4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa modernitas individu dan motivasi dari keluarga secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran IPS. Peneliti mengharapkan kepada siswa untuk lebih disiplin dalam belajar lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu dan aktif dalam mengikuti perkembangan IPTEK. Bagi orang tua peneliti mengharapkan untuk lebih meningkatkan perhatian terhadap anak baik yang berupa material maupun spiritual. Bagi peneliti selanjutnya bila menginginkan penelitian yang serupa diharapkan variabel penelitiannya diperluas ataupun bisa dikaitkan dengan variabel lain misalnya faktor psikologis faktor jasmaniah maupun yang lainnya sehingga datanya lebih relevan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38559

Actions (login required)

View Item View Item