Keefektifan penggunaan metode cooperative learning model stad (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Rusmi Nurmaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan metode cooperative learning model stad (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Rusmi Nurmaningsih

Nurmaningsih, Rusmi (2009) Keefektifan penggunaan metode cooperative learning model stad (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Rusmi Nurmaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi pembelajaran ekonomi yang diterapkan oleh guru ekonomi SMP Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang selama ini masih menggunakan tradisi teacher oriented yaitu metode ceramah. Metode ceramah merupakan suatu metode dimana kegiatan belajar mengajar (KBM) hanya berpusat pada guru dan siswa hanya berperan sebagai pendengar dan pancatat saja. Metode ini menyebabkan kecenderungan siswa bersifat pasif dan kecil peluang bagi siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif sedangkan peluang terjadinya miss undersatanding (kesalahan pengertian) cukup besar. Selain itu materi yang diajarkan kepada siswa akan mudah terlupakan karena tidak diterima melalui pemahaman tetapi melalui transmisi pengetahuan dari guru. Oleh karena itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang mampu menjadikan siswa lebih aktif dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Adapun salah satu metode yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif adalah metode Cooperative Learning model STAD. Ide utama dari metode pembelajaran ini adalah memotivasi siswa untuk saling membantu diantara sesama siswa dalam menguasai keterampilan atau pengetahuan yang dihantarkan oleh guru. Dengan demikian mereka dapat berdiskusi saling membelajarkan dan saling mengoreksi dalam satu kelompok sehingga sumber belajar bagi siswa tidak hanya guru dan bahan ajar tetapi juga temannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang mendapat pengajaran berupa metode Cooperatif Learning model STAD (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang mendapat pengajaran yang didominasi oleh metode ceramah dan (3) Perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang diajar dengan metode Cooperative Learning model STAD dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang dan kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII F dan VIII G yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dimana peneliti membandingkan hasil belajar dua kelas paralel yang berbeda setelah kedua kelas tersebut mendapatkan perlakuan yang berbeda pula. Sebelum kedua kelas mendapat perlakuan yang berbeda terlebih dahulu diberikan tes awal (Pre-test) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan mereka tentang materi yang akan diajarkan. Salah satu kelas mendapatkan perlakuan berupa metode Cooperative Learning model STAD sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas yang lain sebagai kelas kontrol mendapatkan perlakuan model pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah. Analisis data hasil belajar siswa dilakukan dengan teknik rata-rata yaitu mencari nilai rata-rata hasil belajar (Post-test) masing-masing kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) kemudian membandingkannya. Jika nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar kelompok kontrol maka pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode Cooperative Learning model STAD dapat dikatakan efektif untuk diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Selain itu untuk memperkuat pengujian hipotesis yang diperoleh dari analisis dengan teknik rata-rata juga digunakan analisis secara ststistik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kedua kelompok yang mendapatkan perlakuan pembelajaran yang berbeda mengalami perbedaan peningkatan hasil belajar. Adapun peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen adalah sebesar 45 46 (121 5%) dari tes awal yaitu sebesar 37 4. Sedangkan peningkatan hasil belajar kelompok kontrol adalah sebesar 40 4 (103 8%) dari tes awal yaitu sebesar 38 9. Peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen terbukti lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa metode Cooperative Learning model STAD lebih efektif untuk diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang dibandingkan dengan pengajaran yang didominasi oleh metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar metode Cooperative Learning model STAD dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi di sekolah lain karena penelitian ini telah membuktikan bahwa metode Cooperative Learning model STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu saran lain yang dapat diajukan yaitu agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mempertimbangkan ranah afektif dan psikomotor siswa sebagai parameter prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38556

Actions (login required)

View Item View Item