Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif metode stad (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran ekonomi (Studi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kepanjen) / Rida Dwi Kartika Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif metode stad (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran ekonomi (Studi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kepanjen) / Rida Dwi Kartika Ningsih

Ningsih, Rida Dwi Kartika (2009) Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif metode stad (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran ekonomi (Studi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kepanjen) / Rida Dwi Kartika Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan cepat. Perkembangan IPTEK yang demikian cepat ini telah menimbulkan perubahan-perubahan baik positif maupun negatif dalam berbagai sendi kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam situasi masyarakat yang terus mengalami perubahan sebaiknya pendidikan tidak hanya berorientasi pada masa lalu dan masa kini tapi seharusnya sudah merupakan proses untuk membicarakan dan mengantisipasi masa depan. Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) di Indonesia adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan lebih banyak didominasi oleh guru (teacher-centered) dan tidak memberikan akses bagi peserta didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berfikirnya sehingga kurang mencerminkan proses pembelajaran yang bermakna bagi siswa sesuai tuntutan dari KBK yang selama ini telah dilaksanakan di sekolah-sekolah. Salah satu alternatif pemecahan masalah dalam pendidikan ini adalah dengan mencoba metode pembelajaran yang baru salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode STAD (Students Teams Achievement Division). Diharapkan dengan penerapan metode pembelajaran tersebut dapat menciptakan suasana belajar menyenangkan aktif kreatif siswa bisa bekerja sama dan membangun daya pikir optimal selain itu dengan metode ini diharapkan dapat menarik minat siswa untuk lebih bergairah lagi dalam belajar sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode STAD (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah (3) keefektifan pembelajaran ekonomi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif metode STAD. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Kepanjen mulai tanggal 31 Maret sampai dengan 31 Mei 2008. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 4 Kepanjen yang berjumlah 365 siswa serta sampel yang diambil sebanyak 81 siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel diambil sebanyak dua kelas dari kelas VIII dengan teknik purposive sampling sehingga ditetapkan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) data tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran ekonomi dengan metode STAD dan ceramah melaluiobservasi (2) data tentang aktivitas belajar siswa dengan metode STAD melalui observasi (3) data tentang hasil belajar ekonomi siswa melalui pre-test dan post-test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Sebelum data dianalisis diadakan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas data. Uji-t digunakan untuk menguji beda dua rata-rata kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa serta hipotesis penelitian dari gain value. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata pre-test siswa untuk kelompok eksperimen (kelas yang diajar dengan metode STAD) sebesar 64 26 dan untuk kelompok kontrol (kelas yang diajar dengan metode ceramah) sebesar 64 00 dari nilai maksimum 100. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi 0 909 0 05 sehingga nilai rata-rata pre-test siswa dari kedua kelompok adalah sama secara signifikan (2) Nilai rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen sebesar 82 92 dan untuk kelompok kontrol sebesar 75 62 dari nilai maksimum 100. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi 0 001 0 05 sehingga nilai rata-rata post-test kedua kelompok adalah berbeda secara signifikan (3) Nilai rata-rata gain value untuk kelompok eksperimen sebesar 18 658 dan untuk kelompok kontrol sebesar 11 625. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi 0 000 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata gain value kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan saran antara lain (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 4 Kepanjen pada khususnya dan bagi para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif metode STAD sebagai salah satu alternatif proses pembelajaran di kelas tetapi dalam penerapan di kelas sebaiknya juga memperhatikan alokasi waktu dan memberikan variasi lain dalam model pembelajaran kooperatif metode STAD (2) Bagi guru ekonomi sebaiknya tidak hanya menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran di kelas karena hal itu akan membuat siswa merasa bosan. Sebaiknya guru ekonomi mencoba untuk menerapkan model-model pembelajaran kooperatif lainnya yang lebih menarik dengan harapan bisa meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa (3) Bagi peneliti selanjutnya mengingat adanya keterbatasan dalam penelitian ini yakni mengenai pokok bahasan oleh karena itu untuk mengetahui lebih jelas tentang keefektifan dari penerapan metode STAD dalam pembelajaran ekonomi maka perlu dilakukan penelitian pada pokok bahasan ekonomi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38555

Actions (login required)

View Item View Item