Penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus pada kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM) / Had - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus pada kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM) / Had

Hidayat, Hadi Syaepul (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi kasus pada kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM) / Had. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pendidikan di negara Indonesia masih sangat rendah bila dibandingkan dengan beberapa negara berkembang lainnya di dunia. Hal ini secara otomatis berdampak pula pada rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita. Untuk kepentingan hal ini pemerintah berusaha sekeras mungkin melakukan perbaikan dalam sistem pendidikan kita salah satunya dengan mengadakan perubahan dalam hal kurikulum. Inovasi dalam kurikulum ditandai dengann mulai diterapkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 dan kemudian diperbaiki lagi dengan diterapkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendiikan (KTSP) Standar Isi 2006. Inti dari perubahan ini adalah lebih menekankan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran (student oriented) dan guru sebagai fasilitator. Salah satu strategi pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif dan tentunya sesuai dengan tuntutan kurikulum KTSP 2006 ini adalah strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) adalah suatu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah/kasus riil di kehidupan sehari-hari sebagai suatu konteks bagi siswa unttuk belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan memecahkan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM (2) Apakah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM Tahun Pelajaran 2007/2008 dengan jumlah siswa sebanyak 47 (21 laki-laki dan 26 perempuan). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan untuk variabel keterlaksanaan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) adalah lembar observasi kegiatan guru. Sedangkan untuk variabel kemampuan berpikir kritis adalah lembar observasi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) sudah optimal. Hal ini ditunjukkan dengan telah diterapkannya semua tahapan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Selain itu penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek kemampuan berpikir kritis siswa yang diamati yaitu dari 50 26% pada siklus I naik menjadi 80 62% pada siklus II sehingga terdapat kenaikan sebesar 30 36%. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi dapat menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa (2) Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam usaha mencapai hasil yang optimal hendaknya dilakukan selalu runtut dan lengkap setiap tahapannya diimbangi dengan ketersediaan alokasi waktu yang cukup disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan serta didukung dengan jenis masalah yang bersifat umum/general (tidak terlalu berfokus mendalam sehingga kemampuan berpikir kritis siswa juga menjadi luas (3) guru yang menginginkan hasil yang optimal dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis masaalah (Problem Based Learning) hendaknya selalu mengingatkan membimbing dan mengarahkan siswa untuk selalu berpikir kritis dalam membuat hubungan antara materi tekstual dengan masalah kontekstualnya (4) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus sehingga hasil yang diperoleh bisa maksimal dan (5) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah serta materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38554

Actions (login required)

View Item View Item