Pengaruh minat baca, ketersediaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa MAN 3 Malang / Iva Nurfitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat baca, ketersediaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa MAN 3 Malang / Iva Nurfitriana

Nurfitriana, Iva (2009) Pengaruh minat baca, ketersediaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa MAN 3 Malang / Iva Nurfitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat baca adalah suatu rasa ketertarikan atau kesukaan terhadap kegiatan membaca. Dengan memiliki minat baca dalam diri maka siswa akan tergerak hatinya untuk terus membaca. Untuk itu perlu didukung dengan ketersediaan sumber belajar yang memadai. Beberapa faktor tersebut merupakan faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa termasuk juga motivasi belajar. Dimana dengan keinginan untuk berprestasi mendorong siswa untuk berusaha agar mencapai hasil yang optimal. Masalah yang dikaji dalam penelitian yaitu (1) kondisi minat baca siswa MAN 3 Malang (2) kondisi ketersediaan sumber belajar di MAN 3 Malang (3) kondisi motivasi belajar siswa MAN 3 Malang (4) kondisi prestasi belajar siswa MAN 3 Malang (5) pengaruh antara minat baca dengan prestasi belajar siswa MAN 3 Malang (6) pengaruh antara ketersediaan sumber belajar dengan prestasi belajar siswa MAN 3 Malang (7) pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa MAN 3 Malang (8) Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa MAN 3 Malang (9) pengaruh minat baca ketersediaan sumber belajar dan motivasi belajar dengan prestasi siswa di MAN 3. Malang. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah meteode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini berupa angket. jumlah sampel yang digunakan adalah 170 siswa. analisis yang digunakan dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 5%(0 05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh secara simultan minat baca ketersediaan sumber belajar motivasi belajar terhadap prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa MAN 3 Malang. Saran yang diberikan yaitu (1). Wali Murid Untuk lebih meningkatkan perhatian terhadap perkembangan putra-putrinya Memberikan motivasi atau dorongan baik segi material salah satunya berupa penyediaan sumber-sumber belajar dan juga segi spiritual seperti semangat untuk belajar dan berprestasi. (2). Kepala Sekolah Untuk lebih meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan siswa guna menunjang proses belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa tercapai secara optimal Untuk selalu meningkatkan ketersediaan sumber-sumber belajar yang bervariasi dan manfaat bagi siswa sehingga prestasi belajar siswa tercapai secara optimal. (3) Guru Untuk dapat lebih meningkatkan suasana belajar yang kondusif dan nyaman sehingga siswa merasa betah di kelas diharapkan dengan begitu siswa dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik Agar guru dapat lebih meningkatkan pemberian motivasi kepada siswa sehingga siswa lebih giat untuk belajar Hendaknya lebih sering memberikan tugas-tugas atau latihan-latihan dan lebih mengembangkan latihan tersebut sehingga memungkinkan siswa untuk lebih banyak membaca dari berbagai literatur buku atau sumber. ( 4). Siswa Agar siswa dapat membiasakan diri untuk membaca buku-buku yang bermanfaat dan menunjang proses kegiatan belajarnya. Karena dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Dapat menyadari dan menumbuhkan motivasi dalam diri masing-masing untuk belajar dengan rajin agar dapat mencapai prestasi yang diharapkan Hendaknya siswa yang belum memiliki atau kurang terpenuhi sumber belajarnya dapat mengadakan suatu belajar kelompok atau belajar bersama dengan teman yang sekiranya dianggap lebih menguasai pelajaran Hendaknya siswa membiasakan diri mengisi waktu kosong untuk membaca misalnya seperti membaca di perpustakaan agar pengetahuan dan wawasan bertambah Agar meningkatkan minat baca dengan membaca berbagai buku mencari dan membaca artikel-artikel mengatur waktu membaca dengan menyediakan waktu khusus untuk membaca buku pelajaran atau sesering mungkin membaca buku untuk lebih memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38552

Actions (login required)

View Item View Item