Pengaruh kemampuan logika dan kebiasaan belajar terhadap penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi SMA (studi kasus pada siswa kelas XI.i.s 1&2 SMA Negeri 1 Malang / Mariyah Ulfah Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan logika dan kebiasaan belajar terhadap penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi SMA (studi kasus pada siswa kelas XI.i.s 1&2 SMA Negeri 1 Malang / Mariyah Ulfah Agustin

Agustin, Mariyah Ulfah (2009) Pengaruh kemampuan logika dan kebiasaan belajar terhadap penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi SMA (studi kasus pada siswa kelas XI.i.s 1&2 SMA Negeri 1 Malang / Mariyah Ulfah Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya proses modernisasi global menghadapkan Indonesia pada hal dasar yang harus segera diatasi yaitu kebodohan. Untuk mengatasinya diperlukan suatu perbaikan kualitas pendidikan dan pola pikir Sumber Daya Manusia Indonesia. Melalui pendidikan Indonesia dapat mengubah pola pikir Sumber Daya Manusia sehingga Indonesia mampu mengadaptasikan diri pada situasi ini. Subjek pendidikan formal adalah siswa maka perlu dikembangkan pola pikirnya yang diharapkan akan mampu meningkatkan prestasi mereka dalam menempuh pendidikan. Kemampuan Logika merupakan kemampuan rasional yang harus diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Di samping kemampuan logika kebiasaan belajar juga berpengaruh terhadap penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi SMA. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan logika dan kebiasaan belajar siswa kelas XI i.s 1 2 SMA Negeri 1 Malang serta penguasaan konsep mata pelajaran ekonominya dan (2) Bagaimanakah pengaruh kemampuan logika dan kebiasaan belajar siswa kelas XI i.s 1 2 SMA Negeri 1 Malang terhadap penguasaan konsep mata pelajaran ekonominya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahu kemampuan logika dan kebiasaan belajar serta penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI i.s 1 2 SMA Negeri 1 Malang dan (2) untuk menganalisis pengaruh kemampuan logika dan kebiasaan belajar terhadap penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang mana dengan metode ini dapat diketahui fakta dan masalah yang terjadi serta pengaruh dari suatu fenomena. Instrumen penelitian ini berupa angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan variabel kemampuan logika dan kebiasaan belajar beserta variabel penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi SMA. Jumlah sampel yang digunakan adalah 65 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 5 % (0 05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh secara simultan antara kemampuan logika dan kebiasaan belajar terhadap penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi SMA tergolong baik. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan logika dan kebiasaan belajar yang baik dapat meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi SMA. Saran-saran yang diberikan dari penelitian ini adalah melakukan penelitian serupa untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada penelitian ini dan diharapkan dapat memasukkan variabel yang lain misalnya faktor lingkungan maupun kehidupan ekonomi serta sarana prasarana sehingga hasilnya lebih reliabel dan dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sebelumnya. Bagi guru ekonomi agar dijadikan pertimbangan dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam rangka meningkatkan kemampuan logika dan kebiasaan belajar untuk meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi. Terdapat dua implikasi yang ditemukan dalam penelitian ini yang pertama bahwa perlu diberikan materi logika matematis pada siswa jurusan ilmu sosial alasan yang mendasarinya yaitu pada jurusan ilmu sosial kemampuan logika sistensis sangat penting untuk meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran ekonomi. Kemudian yang kedua sekolah perlu mengadakan atau mengundang trainer untuk mengadakan training yang bertema motivasi belajar alasan yang mendasarinya adalah agar siswa lebih termotivasi dalam belajar yang pada akhirnya siswa menyukai kegiatan belajar sehingga bisa menjadikan belajar sebagai suatu kebiasaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38550

Actions (login required)

View Item View Item