Hubungan peran kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kedisiplinan kerja guru di SD Negeri se-kota Blitar / Fenty Riyan Nova - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan peran kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kedisiplinan kerja guru di SD Negeri se-kota Blitar / Fenty Riyan Nova

Nova, Fenty Riyan (2017) Hubungan peran kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kedisiplinan kerja guru di SD Negeri se-kota Blitar / Fenty Riyan Nova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nova Fenty Riyan. 2017. Hubungan Peran Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kedisiplinan Kerja Guru SD Negeri se-Kota Blitar. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Huda A. Y M.Pd (II) Wildan Zulkarnain M.Pd. Kata kunci peran kepala sekolah motivasi kerja guru kedisiplinan kerja guru Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang memiliki visi misi tujuan dan fungsi tertentu. Untuk melaksanakan hal tersebut diperlukanlah tenaga yang profesional dan pihak-pihak yang dapat mendukung pelaksanaannya dengan baik. Guru merupakan salah satu Sumber Daya Manusia (SDM) penting yang ada di sekolah. Kinerja guru di sekolah mempunyai peran penting dalam pencapaian tujuan sekolah. Masalah kedisiplinan kerja menjadi sorotan berbagai pihak khususnya pemerintah. Dari semua komponen yang harus dimiliki seorang kepala sekolah maka motivasi kerja adalah hal yang utama. Seorang guru dapat bekerja secara profesional apabila dirinya mendapatkan motivasi yang tinggi. Selain itu guru yang memiliki motivasi yang tinggi biasanya akan melaksanakan tugasnya dengan semangat dan ikhlas sehingga hasil yang diperoleh akan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan motivator bagi kepatuhan diri pada kedisiplinan kerja guru. Hal ini membawa dampak yang sangat besar terutama pada sistem pendidikan kita yang masih memerlukan keberadaan guru secara dominan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) peran kepala sekolah di SD Negeri se-Kota Blitar (2) motivasi kerja guru di SD Negeri se-Kota Blitar (3) kedisiplinan kerja guru di SD Negeri se-Kota Blitar (4) hubungan peran kepala sekolah dengan kedisplinan kerja guru di SD Negeri se-Kota Blitar (5) hubungan motivasi kerja guru dengan kedisiplinan kerja guru di SD Negeri se-Kota Blitar dan (6) hubungan peran kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kedisiplinan kerja guru di SD Negeri se-Kota Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu deskriptif korelasional dengan sampel sebanyak 244 orang guru SD Negeri dari populasi sejumlah 626 orang guru SD Negeri sebagai responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik angket tertutup data dianalisis dengan teknik korelasi ganda (multiple correlation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat peran kepala sekolah berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor sebesar 115 51 (2) tingkat motivasi kerja guru berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor sebesar 59 98 (3) tingkat kedisiplinan kerja guru berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor sebesar 69 29 (4) ada hubungan antara peran kepala sekolah dengan variabel kedisiplinan kerja guru di SD Negeri se-Kota Blitar (5) ada hubungan antara motivasi kerja dengan kedisiplinan kerja guru SD Negeri se-Kota Blitar dan (6) ada hubungan antara peran kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kedisiplinan kerja guru di SD Negeri se-Kota Blitar. Saran penelitian ini adalah (1) Kepala UPTD se-Kota Blitar agar memberikan saran dan masukan terhadap kepala sekolah untuk tetap mempertahankan kepemimpinannya yang sudah tergolong tinggi (2) Kepala SD Negeri se-Kota Blitar agar selalu memperhatikan motivasi kerja guru karena dapat mempengaruhi kedisiplinan kerja guru (3) Guru SD Negeri se-Kota Blitar agar selalu disiplin dalam melaksanakan pekerjaanya (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat digunakan sebagai kajian dalam mengembangkan matakuliah Kepemimpinan Pendidikan dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) (5) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat digunakan sebagai referensi ilmu pengetahuan khususnya tentang Kepemimpinan Pendidikan dan MSDM (6) Peneliti lain agar dapat menjadi acuan untuk penelitian lebih lanjut tentang hubungan peran kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kedisiplinan kerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item View Item