Persepsi guru terhadap hakekat dan implementasi pembelajaran kontekstual / Galang Bagus Afridianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap hakekat dan implementasi pembelajaran kontekstual / Galang Bagus Afridianto

Afridianto, Galang Bagus (2009) Persepsi guru terhadap hakekat dan implementasi pembelajaran kontekstual / Galang Bagus Afridianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persepsi adalah proses dimana guru memahami definisi dan istilah serta menafsirkan dalam konteks Pembelajaran Kontekstual. Pembelajaran Kontekstual merupakan konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persepsi guru dalam memahami hakekat Pembelajaran Kontekstual serta mengaplikasikan kedalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2007 sampai Januari 2008 menggunakan metode kualitatif dengan instrumen berupa angket wawancara dan pengumpulan dokumen dengan Guru Ekonomi sebagai responden. Guru yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru kelas X SMAN 2 Malang guru kelas X dan XI SMAN 3 Malang Guru kelas X XI dan XII SMAN 5 Malang guru kelas X XI dan XII SMAN 6 Malang dan guru kelas X XI dan XII SMAN 9 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar pendidikan guru dalam memahami dan menafsirkan konteks Pembelajaran Kontekstual didasari latar pendidikan formal dan non formal serta informasi lain dari kurikulum buku teks teman sejawat dan media masa baik cetak maupun elektronik. Pendidikan formal terkhir guru mayoritas adalah sarjana (S1) dan sebagian Diploma (D3). Pendidikan nonformal guru antara lain adalah keikut sertaan dalam work shop seminar dan lokakarya tentang pengembangan pembelajaran. Guru mempersepsikan bahwa Pembelajaran Kontekstual merupakan pembelajaran yang student centered dengan guru sebagai fasilitator siswa untuk aktif dan kreatif. Pada aplikasinya dalam proses pembelajaran guru mempertimbangkan aspek REACT dalam mengembangkan materi/bahan ajar mempertimbangkan 7 komponen pokok Pembelajaran Kontekstual dalam menggunakan metode pembelajaran serta mempertimbangkan aspek REACT dalam melakukan penilaian proses dan hasil. Guru mengharapkan bahwa Pembelajaran Kontekstual dapat dilaksanakan dengan maksimal dengan dukungan dari sekolah dalam menyediakan sarana dan prasarana alokasi waktu yang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38549

Actions (login required)

View Item View Item