Studi pemetaan kesiapan guru ekonomi dalam menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA se-kota Batu Malang / Anggun Yulvira Swastika - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemetaan kesiapan guru ekonomi dalam menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA se-kota Batu Malang / Anggun Yulvira Swastika

Anggun Yulvira Swastika (2009) Studi pemetaan kesiapan guru ekonomi dalam menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA se-kota Batu Malang / Anggun Yulvira Swastika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan potensi sekolah/daerah karakteristik sekolah/daerah dan karakteristik peserta didik. Dengan kata lain kurikulum ini memberikan otonomi yang seluas-luasnya kepada sekolah untuk mengembangkan. Beberapa karakteristik KTSP yaitu Pemberian otonomi luas kepada sekolah dan satuan pendidikan partisipasi masyarakat dan orang tua yang tinggi kepemimpinan yang demokratis dan profesional Tim Kerja yang kompak dan transparan. Kesiapan guru adalah suatu kondisi dimana guru harus mampu menyiapkan mengajarkan dan menyampaikan bahan ajar atau materi tertentu kepada siswa-siswanya. Kesiapan itu berkaitan dengan bahan yang harus diajarkan baik dalam bentuk pengetahuan keterampilan konsep maupun sikap. Berkaitan dengan kesiapan ini seorang guru harus menguasai jauh melampaui daripada yang harus dan akan disampaikannya dikelas. Kesiapan guru mengajar menggambarkan kunci awal kesuksesan suatu pembelajaran. Semakin matang persiapan guru dalam mengajar maka akan semakin bagus pula peluang untuk memperoleh hasil yang diharapkan. Sebelum mengajar seorang guru harus menyiapkan diri. Pokok pelajaran yang diminta dalam kurikulum harus dikuasai. Untuk itu pemahaman guru terhadap kurikulum dan kesiapan mereka untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan kurikulum itu sangat penting. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan 12 orang guru ekonomi yang ada di 10 SMA Se-Kota Malang. Analisis data dari catatan lapangan hasil dari wawancara dengan dua belas informan yang ada. Dari catatan lapangan dibuat kata kunci kemudian dibuat fokus dan seleksi dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa guru-guru ekonomi di SMA se-Kota Batu Malang siap untuk melaksanakan KTSP ini walaupun mereka memiliki hambatan antara lain jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas kurangnya sarana dan prasarana serta pengaruh lingkungan sosial yang ada. Sehingga saran yang dapat diberikan bagi dinas pendidikan adalahdapat melakukan pelatihan-pelatihan maupun seminar-seminar yang terkait dengan KTSP agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Untuk meningkatkan kinerja guru hendaknya Diknas melakukan tindakan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja guru Sekolah harus berperan sangat aktif untuk mengsosialisasikan KTSP ini. Bisa dengan cara mengadakan seminar dan pelatihan kepada guru-guru yang ada disekolah dengan mengundang praktisi-praktisi pendidikan dan sebagai pendidik guru harus tidak pernah berhenti untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38548

Actions (login required)

View Item View Item