Efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran scaffolding dalam ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Pramudyo Kusworo

Pramudyo Kusworo (2010) Efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran scaffolding dalam ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Pramudyo Kusworo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Scaffolding learning merupakan pendekatan pembelajaran dimana guru memberikan bantuan sementara kepada siswa kemudian mengurangi bantuan tersebut dan pada akhirnya menghilangkan sama sekali sehingga mendorong siswa untuk membangun pengetahuan dan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan scaffolding learning dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan siklus II ditempuh selama enam kali pertemuan. Masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan rencana pembelajaran dengan scaffolding learning. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah permintaan dan penawaran. Hasil penelitian penerapan scaffolding learning adalah sebagai berikut: (1) Penerapan scaffolding learning dalam materi permintaan dan penawaran mengalami peningkatan skor yakni dari 61,3% pada siklus I dengan kategori baik meningkat menjadi 84% pada siklus II dengan kategori sangat baik, (2) prestasi belajar siswa dinilai dalam tiga aspek yakni aspek afektif dari 60,8% pada siklus I dengan kategori baik meningkat menjadi 81,5% pada siklus II dengan kategori sangat baik serta aspek psikomotorik dari 55,8% pada siklus I dengan kategori cukup meningkat menjadi 80,3% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Selain itu aspek kognitif yang meningkat dari 76 pada siklus I dengan kategori baik meningkat menjadi 87,9 pada siklus II dengan kategori sangat baik, yang berarti telah mampu melampaui standar nilai ketuntasan belajar siswa yaitu dengan skor 75. Selain itu penerapan scaffolding learning juga mampu meningkatkan skor lembar observasi aktivitas siswa baik dari segi keaktivan dalam mengikuti proses pembelajaran maupun ketrampilan menggunakan media yang telah disediakan yaitu buku-buku, artikel-artikel maupun OHP, yaitu sebesar 56,0% pada siklus I dengan kategori cukup meningkat menjadi 90,0 % pada siklus II dengan kategori sangat baik. Sedangkan lembar observasi aktivitas guru meningkat dari 66,0% pada siklus I dengan kategori baik meningkat menjadi 93,0% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Sedangkan kelemahan dari pembelajaran ini adalah membutuhkan waktu yang banyak karena tidak semua siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan yang diterima secara cepat. Pembelajaran ini hanya dapat diterapkan pada materi dengan karakteristik tertentu, yaitu materi-materi yang rumit (berhubungan dengan rumus-rumus) seperti materi permintaan dan penawaran, sehingga memerlukan penjelasan lebih dan juga banyak latihan.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan scaffolding learning pada pembelajaran ekonomi dapat memperbaiki proses pembelajaran serta mampu meningkatkan aktivitas guru maupun siswa dalam proses pembelajaran di kelas yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa aspek afektif, kognitif maupun psikomotorik, serta ketuntasan belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa ini didorong oleh pelaksanaan pembelajaran yang selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan hasil pikirannya secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38541

Actions (login required)

View Item View Item