Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Tri Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Tri Ernawati

Tri Ernawati (2008) Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Tri Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan mengajar merupakan kompetensi yang dimiliki oleh guru guna menunjang motivasi belajar siswa. Perwujudan kemampuan mengajar setiap guru itu sendiri berbeda-beda proporsinya tidak semua guru benar-benar memiliki kemampuan mengajar yang profesional dalam melakukan tugasnya. Sesuai dengan perumusan masalah maka tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja guru mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi dan 3) Untuk mengetahui besar pengaruh kinerja guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi. Cara pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode angket yang dibagikan kepada 20 siswa sebagai responden guna mengetahui kinerja guru berdasarkan tanggapan siswa sendiri. Dalam penelitian ini berdasarkan pendapat Arikunto maka sampel dari penelitian ini adalah sebagai berikut jumlah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang adalah 160 siswa yang terbagi dalam 4 kelas X. Dari setiap kelas diambil proporsi 50% siswa dari masing-masing kelas yang diteliti secara random. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa kinerja guru pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Malang. Temuan ini dapat diketahui dari hasil analisis data yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan motivasi belajar siswa hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien regresi variabel kinerja guru (X) sebesar 0 231 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 855 disamping itu nilai signifikan untuk variabel kinerja guru (X) dibawah 0 05 sehingga hipotesis yang menyatakan variabel kinerja guru (X) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (Y) adalah diterima. Hasil penelitian ini sama dengan teori yang ada dan penelitian sebelumnya diketahui kondisi kemampuan mengajar seorang guru dalam kriteria yang cukup baik untuk SMA Negeri 7 Malang yang dapat dibuktikan dari hasil jawaban responden yang menunjukkan ada empat komponen kinerja guru dalam kriteria cukup baik. Begitu pula dengan kemampuan guru dalam mendemonstrasikan khasanah metode mengajar berada pada kriteria cukup baik menurut siswa SMA Negeri 7 Malang di SMA Negeri 7 Malang. Dari variabel motivasi belajar siswa juga diketahui kurang baik dan diketahui bahwa minat membaca siswa pada SMA Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38539

Actions (login required)

View Item View Item