Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada pelajaran ekonomi di SMP Negeri 13 Malang / Agustin Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada pelajaran ekonomi di SMP Negeri 13 Malang / Agustin Wijayanti

Agustin Wijayanti (2010) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada pelajaran ekonomi di SMP Negeri 13 Malang / Agustin Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional bukanlah ketrampilan yang saling bertentangan melainkan ketrampilan yang sedikit terpisah ( Goleman 59). Keduanya saling melengkapi dan saling berinteraksi secara dinamis. Keberhasilan seseorang tergantung pada kemampuan menggabungkan kecerdasan intelektual dengan kecerdasan emosional. Begitu pula kaitannya dengan keberhasilan belajar ekonomi pada siswa. Kemampuan intelektual siswa dipengaruhi banyak faktor salah satunya adalah faktor status sosial ekonomi orang tua. Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi akademik anaknya. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual (X ) kecerdasan Emosional (X ) dan Status Sosial Ekonomi orang tua (X ). Sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar ekonomi (Y). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 13 Malang. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan tekhnik analisis deskriptif dan analisis regresi dengan bantuan software statistik SPSS 10.0. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa tingkat IQ siswa SMPN 13 Malang adalah normal dan rata-rata tinggi. Hal ini ditunjukkan bahwa masing-masing 39 8 % atau masing-masing sekitar 38 siswa memiliki tingkat IQ normal dan rata-rata tinggi. Tingkat kecerdasan emosional (EQ) siswa SMP Negeri 13 Malang adalah tinggi. Hal ini ditunjukkan bahwa 70 84 % atau sekitar 68 siswa memiliki tingkat EQ tinggi. Status sosial ekonomi orang tua siswa adalah rendah. Hal ini ditunjukkan bahwa 47 92 % atau sekitar 46 siswa yang memiliki status sosial orang tua rendah. Selain itu tingkat prestasi belajar ekonomi siswa adalah baik. Hal ini ditunjukkan bahwa 81 25 % atau sekitar 78 siswa memiliki prestasi belajar ekonomi yang baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari IQ EQ dan Status sosial ekonomi secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMP Negeri 13 Malang dimana Sig F (0 000) (0 005). Sedangkan hasil pengujian secara parsial disimpulkan bahwa besarnya koefisien determinasi yang telah disesuaikan Adjusted R Square yaitu 0 638. Artinya variabel IQ EQ dan status sosial ekonomi orang tua memberikan kontribusi 63 8 % terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMP Negeri 13 Malang. Sedangkan sisanya 36 2 % prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa hal yang disarankan adalah Bagi guru Kecerdasan intelektual (IQ) bukan sepenuhnya faktor yang menentukan dalam prestasi belajar seorang siswa melainkan ada faktor lain termasuk kecerdasan emosional (EQ) juga sangat menentukan dalam prestasi seorang siswa. Guru diharapkan memberikan pengetahuan yang berkaitan dengan kepribadian penguasaan diri dan yang berkaitan dengan emosional siswa. Sehingga siswa menjadi pribadi yang kompleks cerdas dalam akademik maupun pribadi sosial. Bagi siswa diharapkan tidak hanya mengandalkan tingkat (IQ) yang tinggi namun juga harus mempunyai motivasi tinggi dalam belajar (termasuk dalam kecerdasan emosional) agar memperoleh prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38537

Actions (login required)

View Item View Item