Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IPS3 SMA Negeri 7 Malang / Irma Wahyu Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IPS3 SMA Negeri 7 Malang / Irma Wahyu Wulandari

Irma Wahyu Wulandari (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IPS3 SMA Negeri 7 Malang / Irma Wahyu Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pendidikan yang begitu pesat. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia telah dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai strategi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan perubahan kurikulum yaitu dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau kurikulum 2004 menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif mampu menyediakan kondisi yang menyebabkan siswa satu dengan yang lainnya saling aktif berinteraksi dan berlomba untuk meningkatkan prestasinya. Pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe salah satunya adalah tipe TPS (Think Pair Share). Dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya. Kelompok terdiri dari beberapa siswa dengan tingkat heterogenitas. Salah satu penyebab kesulitan belajar siswa adalah cara mengajar guru tidak sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) sesuai untuk diterapkan pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan kebijakan pemerintah di bidang fiskal dan moneter di SMA Negeri 7 Malang (2) Bagaimanakah hasil belajar ekonomi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) siswa kelas XI-IPS3 di SMA Negeri 7 Malang Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Malang kelas XI-IPS3 semester 1 tahun ajaran 2007/2008. Sampel penelitian terdiri dari 6 kelompok yaitu kelas XI-IPS3 sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif (post-test) lembar observasi angket minat terhadap pembelajaran kooperatif tipe TPS dan perangkat pembelajaran. Keterlaksanaan pengajaran ekonomi dengan model kooperatif tipe TPS dideskripsikan secara kualitatif. Dengan penerapan pembelajaran TPS (Think Pair Share) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa aspek kognitif dari rata-rata sebesar 68 93 di siklus I meningkat menjadi 79 02 pada siklus II. Adapun saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi dapat menggunakan pembelajaran TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa (2) Penerapan pembelajaran TPS (Think Pair Share) hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan (3) Penelitian ini hendaknya dapat didteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas serta sekolah dan materi yang berbeda (4) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus. Sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38535

Actions (login required)

View Item View Item