Pengaruh kualitas input terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi pada SMA Taruna DRA. Zulaeha Leces Kabupaten Probolinggo / Ariska Dewi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas input terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi pada SMA Taruna DRA. Zulaeha Leces Kabupaten Probolinggo / Ariska Dewi Wulandari

Ariska Dewi Wulandari (2009) Pengaruh kualitas input terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi pada SMA Taruna DRA. Zulaeha Leces Kabupaten Probolinggo / Ariska Dewi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam penerimaan siswa baru Nilai Ujian Nasional (NUN) dan kecerdasan intelektual (IQ) digunakan sebagai salah satu syarat untuk menyaring siswa baru yang berprestasi. Ujian Nasional merupakan suatu kebijakan pemerintah untuk menentukan standar mutu pendidikan yang diterapkan pada seluruh siswa yang berada pada tingkat akhir setiap jenjang pendidikan. Kecerdasan intelektual (IQ) adalah suatu kemampuan mental yang dibawa oleh individu-individu sejak lahir dalam lingkungan baru serta memecahkan masalah dengan mudah cepat dan tepat. Seseorang yang tingkat IQ tinggi akan dapat menyelesaikan tugas-tugas atau memecahkan masalah dengan mudah cepat. Berdasarkan pernyataan tersebut penulis bermaksud meneliti apakah ada pengaruh Nilai Ujian Nasional (NUN) dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X semester 1 di SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2006/2007. bertujuan unutuk mengetahui besarnya pengaruh Nilai Ujian Nasional (NUN) dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas X semester 1 mata pelajaran Ekonomi pada SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces Kabupaten Probolinggo baik pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri (parsial) atau bersama-sama (simultan) terhadap prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas X SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 160 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 48 siswa atau sebesar 30% dari populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sample sumber data diambil dari data sekunder melalui dokumen sekolah meliputi NUN SMP tes IQ dan rapor siswa. Sedangkan teknik analisisnya data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang memiliki rata-rata Nilai Ujian Nasional (NUN) terbanyak antara 5.93 6.35 sebanyak 15 orang atau sebesar 31.3% dan paling sedikit adalah antara 8.08 8.51 sebanyak 3 orang atau 6.3%. Sedangkan untuk tes IQ nilai terbanyak antara 110 119 sebanyak 20 orang atau sebesar 41.7% dan paling sedkit antara 80 89 sebanyak 3 orang atau 6.3%. untuk nilai rapor mata pelajaran Ekonomi yang memiliki rapor terbanyak antara 6.30 6.79 adalah sebanyak 13 orang dan yang paling sedikit antara 8.30 8.79 sebanyak 1 orang atau 2.1%. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara Nilai Ujian Nasional (NUN) terhadap prestasi belajar siswa hal ini terbukti dari hasil uji analisis secara parsial dengan 945 5% (0.05) yang menunjukkan hasil nilai t hitung sebesar 4.756 dan t tabel sebesar 1.679. terdapat pula pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa dengan diperoleh hasil t hitung sebesar 2.184 dan t tabel sebesar 1.679. sedangkan berdasarkan hasil analisis secara simultan diperoleh F hitung sebesar 27.832 dengan 945 5% (0.05). hasil F hitung tersebut kemudian diabndingkan dengan F tabel sebesar 3.19 sehingga diperoleh F hitung F tabel sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pula. Berdasarkan hasil analisis data dalam pemelitian ini amka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut (1) Nilai Ujian Nasional (NUN) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (2) kecerdasan intelektual (IQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan (3) Nilai Ujian Nasional (NUN) dan kecerdasan intelektual (IQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) dalam melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru SMA Taruna Dra. Zulaeha hendaknya tidak hanya sebatas melihat dari segi Nilai Ujian Nasional (NUN) saja sebagai alat penyaringan siswa baru namun sebaiknya juga memperhatikan tes IQ dan tes yang lainnya agar memperoleh kualitas input yang berkualitas (2) bagi siswa yang prestasi belajarnya kurang diharapkan selalu berusaha meningkatkan prestasi belajarnya melalui cara belajar yang lebih efektif dan efisien sedangkan yang sudah tinggi hendaknya dipertahankan (3) sebaiknya dilakukan klasifikasi siswa kedalam kelas-kelas khusus sesuai dengan kemampuannya dalam proses belajar mengajar agar siswa mampu menyerap pelajaran yang disampaikan guru secara maksimal. Selain itu pengklasifikasian ini juga berguna agar guru dapat menyesuaikan bahan pengajaran mana yang sesuai dengan kemampuan siswa (4) perlu dilakukan penelitian terhadap hasil penelitian dengan mengganti populasi dan faktor lain agar hasil penelitian ini lebih dipercaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38532

Actions (login required)

View Item View Item