Pengaruh perhatian orang tua dan status ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 20 Malang / Amaliya Solikati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perhatian orang tua dan status ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 20 Malang / Amaliya Solikati

Amaliya Solikati (2010) Pengaruh perhatian orang tua dan status ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 20 Malang / Amaliya Solikati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Status sosial ekonomi orang tua merupakan suatu kedudukan atau posisi seseorang dalam lapisan masyarakat. Tinggi rendahnya status sosial seseorang dalam masyarakat dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang masyarakat di tempat individu itu tinggal. Terlebih lagi faktor status sosial ekonomi orang tua yang mewujudkan pada kemampuan finansialnya. Kemampuan finansial yang berbeda-beda sedikit banyak akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan kemampuan finansial orang tua tentunya akan mempengaruhi fasilitas belajar yang disediakan oleh orang tua terhadap sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh seorang siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Guna meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut harus ada perhatian dari orang tua yang selalu mengontrol terhadap kebutuhan anaknya berikut juga dengan fasilitas yang disediakan oleh orang tua terhadap anaknya. Dalam pembahasan ini kondisi perhatian orang tua dan status ekonomi orang tua di SMP Negeri 20 Malang cukup baik namun masalahnya kami pihak peneliti tidak mengetahui pengaruh mana yang memberikan kontribusi paling besar terhadap prestasi belajar siswa. Menyadari hal tersebut di atas maka untuk mencapai keberhasilan anak dalam belajar perlu diperhatikan status sosial ekonomi dan perhatian orang tua maka untuk itu peneliti merasa perlu untuk meneliti tentang Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 20 Malang . Dari hasil penelitian terhadap 155 siswa tentang variabel perhatian orang tua siswa SMP Negeri 20 Malang menunjukkan bahwa mayoritas dari orang tua siswa memberikan perhatian yang cukup atas prestasi belajar anaknya. Status ekonomi orang tua pada siswa SMP Negeri 20 Malang mayoritas tergolong pada kondisi ekonomi mampu untuk memenuhi kebutuhan peningkatan prestasi belajar anaknya. Nilai prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang pada mata pelajaran ekonomi yang diukur dari nilai ulangan harian siswa tergolong cukup baik. Dari hasil penelitian diketahui ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 20 Malang. Ada pengaruh yang signifikan antara status ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 20 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38528

Actions (login required)

View Item View Item