Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar siswa di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas VIII tahun ajaran 2007/2008 di SMP Negeri 1 Wlingi Blitar / Ari Prasetyo

Ari Prasetyo (2009) Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar siswa di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas VIII tahun ajaran 2007/2008 di SMP Negeri 1 Wlingi Blitar / Ari Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu yang penting dan dianggap paling utama dalam kehidupan manusia dan dapat memberi bekal hidup kepada peserta didik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehubungan dengan itu maka sudah menjadi kewajiban bagi lembaga pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut baik lembaga pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan sekolah merupakan lembaga yang mempunyai tujuan pembelajaran yang sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya menusia (SDM. Sebagai tempat proses belajar mengajar, sekolah harus menyediakan kondisi fasilitas belajar di sekolah yang menunjang untuk belangsungnya proses belajar tersebut. Kondisi itu diantaranya adalah menyediakan sarana dan prasarana agar dapat menemukan berbagai pengetahuan yang dibtuhkan dan juga melibatkan siswa dalam proses belajar tersebut Dalam kegiatan proses belajar mengajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan dapat memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tercapai tujuan yang dikehendaki. Dengan adanya pemanfatan fasilitas belajar dan motivasi belajar dapat dilihat perubahan prestasi yang akan diraih oleh siswa-siswi di sekolah.. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan tentang kondisi obyektif fasilitas belajar di sekolah, motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Sedangkan analisis statistik inferensial yaitu regresi linier berganda atau ubahan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi.. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari fasilitas belajar (X1), dan motivasi belajar (X2). Sedangkan variabel terikatnya prestasi prestasi belajar IPS (Y) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi yang berjumlah 307siswa dan sampelnya sebesar 78 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Dari pengolahan data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada variabel pemanfaatan fasilitas belajar (X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar terbukti besaran probabilitas (Sig) pada variabel pemanfaatan fasilitas belajar (X1) adalah 0,000 < 0,05 dan t hitung (4,910)> (1,99). Pada variabel motivasi belajar juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan besaran probabilitas (Sig) pada variabel motivasi belajar (X1) adalah 0,000 < 0,05 dan t hitung (5,700) > (1,99). Sedangkan berdasarkan dari nilai Fhitung ( 41,026) > Ftabel (3,115)dan tingkat sig.(0,000) < (0,05). Jadi secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38525

Actions (login required)

View Item View Item