Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen / Citra Realita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen / Citra Realita

Citra Realita (2008) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen / Citra Realita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut adanya perubahan dan perkembangan di segala bidang terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam memperbaiki mutu sumber daya manusia kemajuan suatu bangsa hanya bisa dicapai melalui penataan pendidikan yang baik.Upaya peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat meningkatkan harkat martabat manusia Indonesia. Oleh karena itu peningkatan dan pembaharuan dalam bidang pendidikan harus terus dilakukan agar tujuan dari pendidikan nasional dapat tercapai. Berbagai usaha dalam peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan salah satunya dengan perubahan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) bukan hanya itu saja peningkatan efektivitas metode pembelajaran juga harus dilakukan. Metode-metode pembelajaran yang baru perlu diterapkan guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa salah satunya dengan pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam pembelajaran model ini siswa tidak hanya mendengarkan guru yang sedang mengajar sering kali membuat siswa menjadi pasif tetapi di TGT ini siswa diajarkan untuk mengeluarkan pendapat dan melatih kemampuan siswa yang nantinya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model TGT di SMA Negeri 1 Turen (2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Turen dengan menerapkan pembelajaran model TGT (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Turen dengan menerapkan pembelajaran model TGT. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Turen. Mulai dari tanggal 27 november 2007 sampai 4 desember 2007 yang menjadi subyek penelitian adalah kelas XI IPS 2 sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 9 kelompok heterogen. Setiap kelompok berjumlah 4-5 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dan di deskripsikan secara kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi soal tes turnamen catatan lapangan pedoman wawancara rubrik penilaian dokumentasi dan perangkat mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan di siklus I dan siklus II untuk motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa diukur dari 3 aspek yaitu aspek minat menunjukkan bahwa di siklus I sebesar 67% sedangkan di siklus II meningkat menjadi 86%. Untuk aspek keaktifan di siklus I sebesar 68% dan meningkat di siklus II sebesar 80%. Sedangkan untuk aspek keceriaan siklus I sebesar 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil belajar siswa diukur dengan menggynakan 3 aspek penilaian yaitu berdasarkan aspek kognitif afektif dan psikomotor. Untuk aspek kognitif di siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 orang dengan persentase 72 97% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 10 orang dengan persentase 27 02%. Sedangkan untuk siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 33 orang dengan persentase 91 69% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 3 orang dengan persentase 8 33%. Berdasarka hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa guru ekonomi hendaknya mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT(Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik guru diharapkan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT(Teams Games Tournament) menggunakan variasi permainan yang berbeda sehingga peserta didik termotivasi dan semangat dalam belajar guru hendaknya sering memberikan latihan soal-soal yang bentuknya variasi yang dapat menguji berbagai tingkat kognitif ketrampilan proses peserta didik dan berfikir kritis sehingga peserta didik terbiasa untuk memecahkan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38523

Actions (login required)

View Item View Item