Strategi pemanfaatan media instruksional oleh guru ekonomi dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Bojonegoro / Yuni Noor Hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemanfaatan media instruksional oleh guru ekonomi dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Bojonegoro / Yuni Noor Hamidah

Yuni Noor Hamidah (2009) Strategi pemanfaatan media instruksional oleh guru ekonomi dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Bojonegoro / Yuni Noor Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran lebih khusus media instruksional merupakan bagian dari sumber belajar dan sekaligus bagian integral dari teknologi pendidikan untuk menunjang efektifitas kegiatan belajar mengajar di sekolah. Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan secara maksimal maka para pelaksana pendidikan khususnya guru di tuntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan media. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud untuk mengetahui sejauh mana strategi pemanfaatan media instruksional oleh guru ekonomi serta kemampuan guru ekonomi melalui pemanfaatan media instruksional dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri I Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kasus. Subjek penelitian adalah SMP Negeri I Bojonegoro. Populasi penelitiannya adalah guru ekonomi SMP Negeri I Bojonegoro yang berjumlah 5 orang. Lokasi penelitiannya di SMP Negeri I Bojonegoro Jl. MH. Thamrin No. 98 Bojonegoro. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase perbandingan nilai rata-rata angket (Mo) dan nilai rata-rata ideal (Mi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru ekonomi dalam memanfaatkan media instruksional dalam kegiatan belajar mengajar termasuk dalam kategori sangat tinggi karena nilai rata-rata observasi lebih tinggi dari nilai rata-rata ideal (2) Pola pemanfaatan media instruksional yang dilakukan guru ekonomi ada dua yaitu pola pemanfaatan di dalam kelas dan di luar situasi kelas. Pola pemanfaatan media instruksional di dalam kelas yang dilakukan oleh 5 orang guru ekonomi (100%) adalah media dipakai secara klasikal yaitu guru dan siswa memakai media secara bersama-sama dalam kegiatan belajar mengajar. 4 orang guru ekonomi (80%) menggunakan pola klasikal-kelompok yaitu guru dan siswa memakai media secara kelompok baik kelompok kecil (2-6 orang) maupun kelompok besar (7-15 orang) dalam kegiatan belajar mengajar. 3 orang guru ekonomi (60%) menggunakan pola klasikal-individual yaitu guru dan siswa memakai media secara individual dalam kegiatan belajar mengajar. Sementara penggunaan pola pemanfaatan media instruksional di luas situasi kelas ada dua yaitu secara bebas dan terkontrol. Untuk pemanfaatan media secara bebas 2 orang guru ekonomi menyatakan selalu (40%) 2 orang guru ekonomi sering (40%) dan 1 orang guru ekonomi menyatakan kadang-kadang (20%). Sementara penggunaan pola pemanfaatan media instruksional di luar situasi kelas juga dilakukan oleh 2 orang guru ekonomi dengan pernyataan selalu (40%) 1 orang guru ekonomi menyatakan sering (20%) 2 orang guru ekonomi menyatakan kadang-kadang (40%) serta tidak ada seorang guru ekonomi yang menyatakan tidak pernah (0%) menggunakan pola pemanfaatan media instruksional di luar situasi kelas secara bebas dan terkontrol (3) Strategi pemanfaatan media instruksional oleh guru ekonomi dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan cara mengadakan seminar pelatihan penataran dan studi banding tentang pentingnya pemanfaatan media instruksional. Selain itu dapat dilakukan dengan cara memberikan penilaian khusus terhadap guru-guru ekonomi yang memanfaatkan media instruksional. Melihat kenyataan dari hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan hal-hal sebagai berikut (1) Kepala Sekolah perlu lebih banyak mengalokasikan dana untuk melengkapi sarana prasarana yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar khususnya media instruksional. (2) Guru ekonomi diharapkan menyusun Desain Instruksional yang akan dijadikan acuan sebelum mengajar dan juga guru ekonomi perlu meningkatkan kemampuannya dalam memanfaatkan media instruksional dengan sering mengikuti pelatihan penataran dan seminar tentang media instruksional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38520

Actions (login required)

View Item View Item