Pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 4 Malang / Irvan Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 4 Malang / Irvan Effendi

Irvan Effendi (2009) Pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 4 Malang / Irvan Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran modul merupakan pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi perbedaan individual siswa sebab dalam proses belajar masing-masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Sehingga dalam pembelajaran modul siswa diberi kesempatan untuk belajar menurut gaya belajar dan kemampuan masing-masing. Dengan demikian memungkinkan siswa untuk maju dan berprestasi sesuai dengan kecepatan sendiri. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa dengan melihat ada tidaknya perbedaan yang signifikan dari hasi tes prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Malang Malang tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah 184 siswa yang terbagi ke dalam 4 kelas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang ditetapkan terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas 8B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 8D sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar dengan menggunakan modul dalam pembelajaran sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajar tanpa menggunakan modul dalam pembelajaran. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan cara memberikan tes kemampuan akhir dalam pembelajaran ekonomi pada bab transaksi jual beli. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar yang menggunakan modul dan yang tidak menggunakan modul terbukti dari hasil uji-t yang menunjukkan Thitung 4 006 Ttabel 1 987. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian tentang penggunaan modul pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan modul sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38519

Actions (login required)

View Item View Item