Pengaruh tingkat kesejahteraan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru (studi kasus di SMAN 3 Malang) / Nofita Amaliya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat kesejahteraan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru (studi kasus di SMAN 3 Malang) / Nofita Amaliya

Nofita Amaliya (2009) Pengaruh tingkat kesejahteraan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru (studi kasus di SMAN 3 Malang) / Nofita Amaliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesejahteraan merupakan kemampuan memenuhi kebutuhan primer dan sekunder bahagia lahir dan batin serta mampu menciptakan keharmonisan dalam kehidupan masyarakat. Seseorang dapat dikatakan sejahtera apabila tercukupi atau terpenuhi kebutuhan lahir dan batin sehingga merasa aman tentram dan makmur dalam kehidupannya. Usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhannya didasari dengan motivasi. Motivasi merupakan suatu usaha yang mengarahkan daya dan potensi agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui (I) Bagaimana tingkat kesejahteraan guru di SMAN 3 Malang (2) Bagaimana motivasi kerja guru di SMAN 3 Malang (3) Bagaimana kinerja guru di SMAN 3 Malang (4) Bagaimana pengaruh tingkat kesejahteraan terhadap kinerja guru di SMAN 3 Malang (5) Bagaimana pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMAN 3 Malang (6) Bagaimana pengaruh tingkat kesejahteraan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMAN 3 Malang. Subyek penelitian ini sebanyak 45 guru dengan menggunakan metode angket atau kuesioner. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan regresi linier ganda dengan bantuan komputer program SPSS 12.00 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (I) Tingkat kesejahteraan guru di SMAN 3 Malang tergolong tinggi yaitu sebanyak 17 guru (37 78%) (2) Motivasi kerja guru di SMAN 3 Malang tergolong tinggi yaitu sebanyak 18 guru (24 22%) (3) kinerja guru di SMAN 3 Malang yang tergolong baik (4) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kesejahteraan terhadap kinerja guru sebesar 42 50% dibuktikan dengan korelasi regresi berganda (5) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 50 10% (6) Terdapat pengaruh tingkat kesejahteraan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 41 790%. Dari temuan penelitian ini dapat ditarik beberapa saran yang di perkirakan dapat meningkatkan kinerja guru di SMAN 3 Malang. Saran yang diajukan tersebut adalah (I) Mempertahankan tingkat kesejahteraan motivasi kerja dan kinerja guru di SMAN 3 Malang karena dalam penelitian ini tingkat kesejahteraan motivasi kerja dan kinerja guru di SMAN 3 Malang tergolong kualifikasinya tinggi. (2) Perlunya diperhatikan dan ditingkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru di SMAN 3 Malang terutama tentang motivasi kerja guru yang mempunyai pengaruh besar terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38517

Actions (login required)

View Item View Item