Efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan pembelajaran kooperatif (cooperative Learning) tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan respon belajar siswa pada mata perlajaran ekonomi di - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan pembelajaran kooperatif (cooperative Learning) tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan respon belajar siswa pada mata perlajaran ekonomi di

Sri Handayani (2008) Efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan pembelajaran kooperatif (cooperative Learning) tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan respon belajar siswa pada mata perlajaran ekonomi di. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan negara. Terkait dnegan hal tersebut pendidikan di Indonesia masih memiliki mutu rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Permasalah tersebut semakin diperparah dengan didominasinya proses pembelajaran yang menyatakan bahwa sebuah pengetahuan (knowledge) merupakan perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Metode pembelajaran mayoritas konvensional dengan teacher oriented di dalamnya. Oleh sebab itu dibutuhkan adanya sebuah strategi belajar mengajar baru dengan mengedepankan siswa aktif (student oriented) dan menjadikan pembelajaran menyenangkan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dengan cara pendekatan kontekstual. Salah satunya dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe Jigsaw. Efektivitas adalah suatu ketepatan yang sesuai dengan pencapaian tujuan awal. Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) adalah suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif) adalah suatu model pembelajaran di mana sistem belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil yang berjumlah 4-6 orang secara kolaboratif sehingga dapat merangsang siswa lebih bergairah dalam belajar. Jigsaw adalah merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Malang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata tentang peristiwa yang tampak selama proses pembelajaran berlangsung. Peristiwa yang dimaksud adalah proses pelaksanaan langkah pembelajaran yang diterapkan dalam kelas aktivitas belajar dan hasil belajar serta respon belajar siswa pada mata pelajaran ekpnomi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat aktivitas belajar siswa meningkat 11 5%. Hal ini ditunjukkan dengan 59 21% pada siklus I menjadi 70 71% pada siklus II. Data hasil belajar aspek kognitif siswa juga menunjukkan hasil yang meningkat. Hasil ini didasarkan pada rata-rata nilai 76 pada siklus I menjadi 86 71 pada siklus II. Data penilaian afektif siswa mengalami peningkatan dari 79 92 pada siklus I menjadi 88 06 pada siklus II. Sedangkan data penilaian psikomotorik pada siswa mengalami peningkatan 6%. Hasil ini didasarkan pada data penilaian psikomotorik 80 8 pada siklus I menjadi 86 8%. Respon belajar siswa menjadi meningkat setelah adanya penerapan model pembelajaran ini. Hal ini terbukti dengan 21 15% siswa yang menyatakan sangat setuju 54% siswa yang menyatakan setuju 16 57% siswa menjawab ragu dan hanya 6 85% yang tidak setuju serta 1 45% sangat tidak setuju. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe jigsaw efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa hasil belajar siswa dari aspek kognitif afektif dan psikomotorik serta respon siswa dalam mengikuti mata pelajaran ekonomi. Saran dalam penelitian antara lain (1) bagi masing-masing tingkat satuan pendidikan dan guru mata pelajaran ekonomi khususnya dapat mengkondisikan dalam penggunaaan model pembelajaran ini (2) penerapan model PBL dan Cooperative Learning tipe Jigsaw hendaknya disesuaikan dengan materi pelajaran (3) bagi MGMP dapat mendiskusikan metode-metode pembelajaran yang efektif untuk mata pelajaran ekonomi termasuk juga metode PBL dan Cooperative Learning tipe Jigsaw (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan adanya pengukuran tentang tujuan pembelajaran untuk mengukur keefektifan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38515

Actions (login required)

View Item View Item