Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas IX IPS di SMAN 7 Malang) / Yunita Dwi Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas IX IPS di SMAN 7 Malang) / Yunita Dwi Ratna Sari

Yunita Dwi Ratna Sari (2009) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas IX IPS di SMAN 7 Malang) / Yunita Dwi Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Ekonomi di SMA saat ini lebih banyak memaksa siswa untuk menghafal sebagian besar konsep Ekonomi tanpa adanya kesempatan untuk lebih memahami konsep melalui pengalaman belajar lain seperti kerja sama untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Hal ini terjadi karena minimnya model pembelajaran kooperatif yang diterapkan di SMA kebanyakan pembelajaran saat ini masih didominasi oleh guru (teacher-centered) sehingga siswa akan menjadi pebelajar yang pasif. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMAN 7 Malang adalah pembelajaran konvensional yang didominasi oleh ceramah dimana guru lebih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran sedangkan siswa lebih berperan sebagai pendengar dan pencatat. Akibatnya siswa menjadi pasif dan kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengkonstruk pengetahuan dan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan cara membandingkan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang memilih Kelas XI.IPS 1 dan Kelas XI.IPS 2 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dengan bentuk multiple choise. Sebelum data dianalisis dilakukan uji coba instrumen di luar kelompok sampel untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas butir soal. Hasil dari uji validitas diperoleh semua butir soal valid Data juga reliabel karena r hitung r tabel Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada kedua kelompok sampel. Sebelum uji-t dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan uji-t yakni dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square dan Uji homogenitas dilihat dari Levene s Test for Equality of Variances. Dari uji beda dua rata-rata kemampuan awal siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dilakukan dengan uji-t diperoleh nilai rata-rata kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah tidak berbeda secara signifikan (identik) Sedangkan data hasil kemampuan akhir siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diperoleh dari nilai pos-tes menghasilkan nilai rata-rata kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah berbeda secara signifikan (tidak identik). Dari hasil analisis uji-t diperoleh bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan tipe Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode konvensional (ceramah) sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI IPS di SMAN 7 Malang . Pembelajaran Think Pair Share terbukti lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah. Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat diajukan saran sebagai berikut (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMAN 7 Malang khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran Think Pair Share sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas (2) Bagi lembaga pendidikan dan instansi yang terkait disarankan untuk dapat membantu mensosialisasikan pembelajaran Think Pair Share dalam pelatihan dan penataran pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan (3) Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara memperbesar cakupan populasi dan sampel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38513

Actions (login required)

View Item View Item