Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (student teams achievement divisions) untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII A di SMP Wahid Hasyim Malang / Denik Sulistyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (student teams achievement divisions) untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII A di SMP Wahid Hasyim Malang / Denik Sulistyorini

Denik Sulistyorini (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (student teams achievement divisions) untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII A di SMP Wahid Hasyim Malang / Denik Sulistyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan pendidikan modern yang menghendaki keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar maka dilakukan perubahan dengan menerapkan berbagai macam strategi pembelajaran diantaranya dengan penerapan model pembelajaran. Selama ini sebagian besar sekolah masih menggunakan metode ceramah termasuk di SMP Wahid Hasyim sehingga siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan guru. Kondisi seperti ini bermakna bahwa kegiatan belajar siswa hanya mendengarkan padahal inti belajar adalah proses pencarian dan pemahaman. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapakan untuk meningkatkan prestasi dan minat siswa adalah model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions). Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk 1) mendiskripsikan dan menganalisis prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII A SMP Wahid HAsyim Malang 2) Mendiskripsikan dan menganalisis minat belajar ekonomi siswa kelas VIII A SMP Wahid Hasyim Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian maka dilakukan pengembangan instrumen penelitian. Instrumen yang digunakan antara lain lembar kerja siswa format observasi keterlaksanaan pembelajaran model STAD Format observasi aktivitas minat belajar ekonomi siswa soal pre test dan pos test serata dokumen data. Pengambilan data dilaksanakan dengan wawancara observasi dan tes tertulis. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII A SMP Wahid Hasyim Malang dengan jumlah siswa 46 orang dengan materi pokok pasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran STAD dapat terlaksana dengan cukup baik hal ini terlihat pada tahap diskusi kelompok yang merupakan inti dari pembelajaran STAD. Pada siklus I siswa masih kurang aktif dalam berdiskusi masih mengerjakan sendiri tanpa bertukar pendapat dengan teman dalam kelompoknya atau dalam mengajukan pendapat hanya orang-orang itu saja yang mengajukan pendapat. Sedangkan pada siklus II sudah terjadi peningkatan keaktifan berdiskusi. Siswa yang sebelumnya masih diam dan malu-malu untuk bertanya sekarang sudah mulai berani mengungkapkan pendapatnya. Peningkatan belajar siswa juga sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari skor peningkatan pre test dan post test. Pada siklus I skor pre test rata-rata kelas yaitu 67 58% dan post test 69 16%. Meskipun pada siklus I ini masih belum tercapai ketuntasan belajar klasikal namun diperbaiki pada siklus II dengan skor pre test 60 09% dan post test 76 07% dan ketuntasan klasikal 80 48%. Hal ini telah menunjukkan bahwa telah tercapainya pembelajaran dengan metode STAD (tuntas) karena seorang siswa dikatakan tuntas jika telah mencapai skor 8805 70% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 8805 80%. Peningkatan minat belajar siswa sudah cukup baik dari beberapa aspek minat belajar. Siswa yang masih pasif sudah mulai aktif hal ini karena siswa merasa senang dengan pembelajaran STAD. Pembelajaran STAD mengajarkan mereka untuk saling berdiskusi dan bekerjasama dengan temannya sendiri. Dan juga dengan pembelajaran STAD dapat menumbuhkan gairah belajar dan memotivasi siswa untuk selalu memperhatikan dan konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar ekonomi siswa kelas VIII A SMP Wahid Hasyim Malang sudah terlaksana dengan baik dengan peningkatan prestasi dan minat belajar siswa yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38512

Actions (login required)

View Item View Item