Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 SMA Negeri 5 Malang / Zalia Muspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 SMA Negeri 5 Malang / Zalia Muspita

Zalia Muspita (2009) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 SMA Negeri 5 Malang / Zalia Muspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini pendidikan telah mengalami perkembangan yang semakin pesat informasi dan komunikasi juga berkembang setiap saat. Hal itu mengakibatkan adanya persaingan yang sangat ketat di dunia pendidikan maka untuk menghadapinya diperlukan kualitas pendidikan yang bermutu dan semakin meningkat. Untuk itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal pendidikan untuk mendukung pembaharuan pendidikan tersebut pihak sekolah khususnya guru yang terjun langsung mengajar kepada siswa perlu mengadakan kerjasama dan perhatian yang lebih dari pemerintah. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya adalah penyempurnaan kurikulum yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam pengembangan kompetensi yang dimiliki oleh siswa kurikulum yang di maksud adalah Kurikum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 sebelum ditetapkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan model pembelajaran yang mampu membawa siswa dapat menggunakan pengetahuan yang diperoleh di kelas untuk menyelesaikan masalah-masalah baru yang belum pernah dihadapi serta memiliki tanggung jawab yang lebih terhadap belajarnya seiring dengan peningkatan pengalaman dan pengetahuan mereka. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Tujuan pembelajaran berbasis masalah adalah membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir memecahkan masalah keterampilan intelektual belajar tentang berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi dan menjadi pembelajaran yang mandiri. Selain itu dengan pembelajaran berbasis masalah diharapkan akan mampu menambah motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning ) di kelas X-1 SMA Negeri 5 Malang pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan perilaku produsen dan perilaku konsumen (2) Bagaimanakah kemampuan berfikir kritis siswa kelas X-1 SMA Negeri 5 setelah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan perilaku produsen dan perilaku konsumen (3) Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 5 Malang setelah penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran kelas X-1 dengan jumlah 29 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah observasi untuk penilaian kemampuan berpikir kritis sedangkan untuk motivasi digunakan angket dan observasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang pokok bahasan perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi. Untuk kemampuan berpikir kritis meningkat dari 63 69 pada siklus I menjadi 76 34 pada siklus I. sedangkan untuk motivasi belajar siswa yang diperoleh dengan observasi mengingkat dari 59% pada siklus I meningkat menjadi 79% pada siklus II. Selain itu berdasarkan hasil angket diperoleh data bahwa motivasi siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru mata pelajaran ekonomi dapat menggunakan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan lingkungan belajar siswa serta ketersediaan waktu yang cukup penelitian ini hendaknya dapat didteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas serta sekolah dan materi yang berbeda hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal dan bagi masing-masing satuan pendidikan dan guru ekonomi khususnya disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah dalam melaksanakan proses pembelajaran agar mendapatkan hasil yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38510

Actions (login required)

View Item View Item