Purnama, Yeni Septian Dwi (2017) Analisis pembiayaan sekolah di Roudlotul Athfal (RA) Al Furqon II Full Day School Tulungagung / Yeni Septian Dwi Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purnama Yeni Septian Dwi. 2017. Analisis Pembiayaan Sekolah di Roudlotul Athfal (RA) Al Furqon II Full Day School Tulungagung. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Asep Sunandar S.Pd. M.AP. (II) Dr. H. A. Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata Kunci pembiayaan sekolah RA Proses pendidikan membutuhkan sejumlah biaya untuk menjalankan kegiatan-kegiatannya. Penentuan besar-kecilnya biaya pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor terutama faktor yang terkait parameter mutu yang ingin diraih. Kewenangan dalam otonomi sekolah antara lain adalah pengelolaan biaya pendidikan. Setiap peserta didik berkewajiban ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan kecuali bagi peserta didik yang dibebaskan dari kewajiban tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pada saat ini mulai muncul lembaga pendidikan yang menawarkan pola full day school dimana mereka menggabungkan antara waktu belajar dan waktu bermain anak di sekolah selama 5 hari per minggu sehingga orangtua dan anak sebagai keluarga dapat bertemu bersama-sama selama 2 hari Sabtu-Minggu (weekend). Untuk mendapatkan berbagai fasilitas yang ada di sekolah pastinya juga biaya pendidikan yang ditawarkan pihak sekolah juga lebih tinggi dibandingkan sekolah pada umumnya. Seiring dengan beragamnya layanan yang disajikan di sekolah full day school maka biaya pendidikan yang harus ditanggung orangtua pun berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pendapatan yang diperoleh RA Al Furqon II Full Day School Tahun Pelajaran 2015/2016 (2) mengetahui biaya yang dikeluarkan RA Al Furqon II Full Day School Tahun Pelajaran 2015/2016 dan (3) mengetahui biaya yang dibebankan kepada orangtua/wali anak didik RA Al Furqon II Full Day School Tahun Pelajaran 2015/2016 beserta besar masing-masing biaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif dan analisis dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) pendapatan yang diterima RA Al Furqon II Full Day School Tahun Pelajaran 2015/2016 berasal dari pemerintah pusat yaitu Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan dari orangtua/wali anak didik meliputi uang pendaftaran infaq sekolah uang kegiatan dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Pendapatan dari orangtua/wali anak didik lebih dominan yaitu sebesar 85% sedangkan dari BOP sebesar 15% (2) biaya yang dikeluarkan RA Al Furqon II Full Day School Tahun Pelajaran 2015/2016 untuk menyelenggarakan pendidikan antara lain biaya program kurikulum kegiatan hari besar kemuridan rapat sekolah kunjungan pengadaan dan perawatan sarana prasarana kesejahteraan karyawan dan operasional sekolah serta memperoleh surplus keuangan sebesar Rp. 3.776.000 dan (3) biaya yang dibebankan kepada orangtua/wali anak didik RA Al Furqon II Full Day School antara lain uang pendaftaran infaq sekolah uang kegiatan uang buku dan peralatan belajar uang seragam serta SPP. Dalam menetapkan biaya beban tersebut belum ada perhitungan khusus sehingga hanya dipertimbangkan berdasarkan biaya yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya dan harga kebutuhan sekolah yang berkaitan dengan kegiatan operasional sekolah contohnya gaji guru kegiatan ekstrakurikuler pembelian buku dan peralatan belajar pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana serta infaq untuk Masjid Besar Baitur Rohman. Saran yang dapat diberikan adalah kepada (1) Yayasan dan Komite RA Al Furqon II Full Day School diharapkan dapat lebih aktif bekerjasama dengan sekolah untuk kegiatan mencari dana dan kegiatan pembangunan sekolah karena dapat bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah sehingga sekolah menjadi lebih baik ke depannya (2) Kepala RA Al Furqon II Full Day School diharapkan sekolah dapat lebih aktif dalam pengajuan proposal kepada pemerintah dan sumber lain untuk mendapatkan tambahan dana dan dapat menambah kas sekolah sehingga pendapatan tidak hanya diperoleh dari orangtua/wali anak didik sehingga orangtua/wali anak didik tidak menanggung biaya pendidikan yang cukup besar (3) Tata Usaha RA Al Furqon II Full Day School diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan pembiayaan yang lebih terinci dengan membuat buku laporan keuangan tahunan sehingga dapat diketahui secara rinci penggunaan biaya sekolah tiap tahun ajaran (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM diharapkan tidak hanya menjadi bahan bacaan yang dapat dijadikan referensi melainkan sebagai bahan pengembangan matakuliah manajemen pendidikan khususnya matakuliah Ekonomi Pendidikan karena terkait dengan biaya pendidikan (5) Orangtua/wali anak didik dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih jasa pendidikan usia dini sehingga di masa mendatang orangtua tidak akan merasa kecewa atas pilihan untuk menyekolahkan putra-putrinya dan (6) peneliti lain diharapkan dapat menjadi bahan rujukan untuk mengadakan penelitian yang lebih mendalam tentang pembiayaan sekolah. Selain itu diharapkan dapat menjadi acuan dalam penelitian yang sejenis pada jenjang sekolah dasar sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas dengan menggunakan analisis data maupun instrumen yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3851 |
Actions (login required)
View Item |