Penerapan metode kooperatif numbered head together untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas 8 SMP Negeri I Wonosalam Jombang / Wiwit Sunarmiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode kooperatif numbered head together untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas 8 SMP Negeri I Wonosalam Jombang / Wiwit Sunarmiati

Wiwit Sunarmiati (2009) Penerapan metode kooperatif numbered head together untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas 8 SMP Negeri I Wonosalam Jombang / Wiwit Sunarmiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya masalah di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Wonosalam khususnya kelas VIII-B tentang masih rendahnya kemampuan berpikir dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi. Pembelajaran masih bergantung pada guru dan metode yang digunakan ceramah. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan pembelajaran koopertaif model Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir siswa dengan menerapkana pembelajaran ekonomi dengan metode kooperatif model Numbered Head Together pada siswa kelas VIII-B di SMP N I Wonosalam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus PTK terdiri dari atas perencanan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Gain Scor ternormalisasi untuk analisis data keterampilan sosial siswa dan kemampuan berpikir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I kemampuan berpikir siswa antara tahap C1-C3 dan pada siklus II kemampuan berpikir siswa meningkat antara tahap C4-C5. Pada siklus I pada aspek C1 sebesar 45 58% aspek C2 sebesar 29 35% aspek C3 sebesar 17 32% aspek C4 sebesar 7 12% aspek C5 sebesar 0 63%. Pada siklus II pada aspek C1 sebesar 33 51% aspek C2 sebesar 31 86% aspek C3 sebesar 21 72% aspek C4 sebesar 9 87% aspek C5 sebesar 3 04%. Keterampilan sosial siswa pada siklus I pada aspek I sebesar 2 5% aspek II sebesar 45% aspek III sebesar 2 5% aspek IV sebesar 10% aspek V sebesar 5% aspek VI sebesar 7 5% aspek VII sebesar 27 5%. Pada siklus II pada aspek I sebesar 5% aspek II sebesar 25% aspek III sebesar 5% aspek IV sebesar 12 5% aspek V sebesar 10% aspek VI sebesar 12 5% aspek VII sebesar 30%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38509

Actions (login required)

View Item View Item